Rakerwil Ikatan Pelajar Al Washliyah Sumut Lahirkan Sejumlah Rekomendasi Fantastis -->

Advertisement


Rakerwil Ikatan Pelajar Al Washliyah Sumut Lahirkan Sejumlah Rekomendasi Fantastis

Rabu, 03 Agustus 2022


MEDAN - Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Ikatan Pelajar Al Washliyah (IPA) Sumatera Utara melahirkan sejumlah rekomendasi yang dinilai sangat fantastis. Salah satu rekomendasi itu yakni mengawasi jalannya berbagai pembangunan dan membina karakter pelajar yang cinta Pancasila.

Rakerwil IPA Sumut itu digelar dua hari, Minggu (1/8/2022) hingga Senin (2/8/2022) di Le Polonia Hotel Medan. Kegiatan ini dihadiri 23 Pimpinan Daerah IPA se-Sumatera Utara.


“Banyak butir-butir rekomendasi yang lahir dari Rakerwil IPA Sumut ini. Selain pemantapan program kerja internal, juga melahirkan sejumlah rekomendasi untuk dijabarkan secara eksternal,” ucap Ketua Ikatan Pelajar Al Washliyah (IPA) Sumatera Utara, Mhd Amril Harahap, didampingi sekretaris Hairul Hanafi Purba dan bendahara Safty Alawiyah.

Menurut Amril, Rakerwil I Ikatan Pelajar Al Washliyah (IPA) Sumatera Utara dilaksanakan bertujuan untuk menyusun program-program kerja IPA Sumut priode 2020-2023. 

“Dari sejumlah program kerja yang dirumuskan di Rakerwil I ini, selain untuk internal dalam hal pengembangan organisasi, juga akan melahirkan rekomendasi rekomendasi yang akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebagai bentuk sinergitas antara IPA dengan Pemerintah Sumatera Utara, terkhusus sinkronisasi program terkait pendidikan,” papar Amril kepada wartawan, Selasa (3/8/2022).


Amril menyebutkan sejumlah rekomendasi untuk eksternal yang dinilai fantastis. Pertama, Ikatan Pelajar Al Washliyah Sumatera Utara mendukung dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam hal pengembangan sumber daya kepemudaan, dan ikut serta mengawasi jalannya berbagai Pembangunan di Sumatera Utara. 

“Sebagai bahagian dari sumber daya kepemudaan, IPA Sumut mendukung dan mendorong serta mengawasi semua program yang bertujuan untuk percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutur Amril diamini Hairul Hanafi Purba dan Safty Alawiyah.

Rekomendasi eksternal kedua, ujar Amril, Ikatan Pelajar Al Washliyah Sumatera Utara siap bergandeng tangan dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dalam hal pembinaan karakter pelajar dan program pelajar yang cinta terhadap Pancasila.

“Nilai-nilai yang terkandung dalam kelima asas Pancasila, merupakan patokan aturan dalam kehidupan bermasyarakat serta bernegara. Para pelajar sejak dini harus diberi pemahaman tentang nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila-sila yang sudah tertulis. Semua isinya adalah teladan untuk kita semua sebagai warga Negara Indonesia,” jelas Amril.

Rakerwil IPA Sumut juga merekomendasikan dukungan dan akan ikut serta dalam mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Sumatera Utara pada tahun 2024 mendatang. “IPA Sumut berkomitmen mendukung penuh pelaksanaan PON XXI 2024 di Sumatera Utara. IPA akan turut serta untuk mensukseskan kegiatan besar ini,” tukasnya.


Acara Rakerwil IPA Sumut sebelumnya dibuka oleh Ketua Umum PP IPA Afri Yandi Putra membuka acara Rakerwil IPA Sumut yang ditandai dengan pemukulan gong. Acara ini dihadiri Ketua PW Alwashliyah Sumatera Utara, Dr H Dedi Iskandar Batubara yang juga senator DPD-RI, Ketua DPRD Sumatera Utara Drs Baskami Ginting, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Utara diwakili Kesbangpol Pemprov Sumatera Utara dan perwakilan dari Pemko Medan. (Red)