Komisi III DPRD Medan: Inflasi Harus Jadi Perhatian -->

Advertisement


Komisi III DPRD Medan: Inflasi Harus Jadi Perhatian

Kamis, 25 Agustus 2022

  


Medan | SNN -Komisi III DPRD Medan membidangi perekonomian menggelar rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan untuk mengantisipasi pengendalian inflasi akan terjadi kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

DPRD minta Pemko Medan supaya melakukan strategi dan inovatif menjaga kelangkaan kebutuhan pokok.

Rapat yang dipimpin Ketua Komisi III DPRD Medan Afif Abdillah didampingi Mulia Syahputra Nasution, Abdul Rachman (Mance) dan Irwansyah. Sedangkan dari OPD Pemko Medan dihadiri Kadis Perdagangan Kota Medan, Domikrot serta Dirut PD Pasar Suwarno berlangsung di ruang Komisi III gedung DPRD Medan,Kamis (25/08/2022).

Ketua Komisi III Afif Abdillah menekankan kepada jajaran Direksi PD Pasar dan Dinas Perdagangan menjalankan  fungsi kontrol dan pengawasan dengan benar. Sehingga, saat harga BBM naik yang direncanakan minggu depan. Biasanya, bila BBM naik akan berpengaruh terjadi kenaikan dan kelangkaan bahan kebutuhan pokok.

"Kondisi demikian harus disiasati sejak dini agar tidak terjadi inflasi yang sangat tinggi," pesan Afif Abdillah.

Sedangkan anggota komisi III Mulia Syahputra Nasution asal politisi Gerindra itu menyebut kebaikan BBM akan berdampak kenaikan kebutuhan pangan. Maka itu, Pemko harus mengatisipasi jangan sampai terjadi kelangkaan dan kenaikan harga yang sangat tinggi.

"Kondisi demikian harus serius disikapi agar jangan terjadi kepanikan di tengah masyarakat," ujar Mulia.

Untuk itu, Mulia mempertanyakan upaya apa yang akan dilakukan Pemko. Menurut Mulia sangat dibutuhkan kolaborasi antar OPD terutama PD Pasar, Dinas Perdagangan dan Dinas Ketahanan Pangan bahkan Satpol PP.

"Tidak bisa bekerja sendiri sendiri. Biasanya akan terjadi penimbunan maka perlu Pemko Medan bekerjasama dengan aparat hukum," sebut Mulia.

Mulia berharap, bentuk kolaborasi tersebut akan memberi solusi ketersediaan bahan pokok dan penetapan harga pangan yang merata.

Menanggapi saran DPRD Medan Kadis Perdagangan Damikrot dan Dirut PD Pasar Suwarno mengatakan akan berusaha menjaga ketersediaan bahan pokok berikut mengantisipasi inflasi. Untuk itu akan ditingkatkan kolaborasi tim Satgas pangan guna menghindari penimbunan.(torong/nur)