Anggaran Dinas PU Rp1,3 Triliun, Banjir di Medan Belum Juga Teratasi -->

Advertisement


Anggaran Dinas PU Rp1,3 Triliun, Banjir di Medan Belum Juga Teratasi

Kamis, 11 Agustus 2022

  


Medan | SNN - Penanganan banjir yang belum maksimal dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan membuat masyarakat khawatir. Pasalnya, setiap pergantian musim panas ke musim hujan, membuat Kota Medan pun akan kerap diguyur hujan.

Beberapa titik yang menjadi langganan banjir pun diyakini akan semakin tergenang. Untuk itu, masyarakat mengharapkan Dinas PU yang memiliki anggaran Rp1,3 triliun bisa segera mengatasi permasalahan banjir di kota ini.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Medan Rudiawan Sitorus, menyarankan Dinas PU harus sudah menyiapkan strategi yang efektif dalam mengatasi banjir.

“Beberapa kali turun ke lapangan, banyak saya temukan saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik dan memiliki saluran pembuangan. Ini yang menyebabkan terjadinya genangan air,” katanya,  dikutip Kamis (11/08/2022).

Oleh sebab itu, ucap Rudiawan, Dinas PU harus bisa mencarikan solusi agar drainase tersebut bisa berfungsi dengan baik, sehingga ketika hujan air bisa dialirkan ke hulu.

“Yang menjadi prioritas adalah bagaimana serapan air di Kota Medan bisa lebih banyak lagi. Bangunan masif dan liar menyebabkan serapan air berkurang, itu juga menjadi penyebab banjir,” ujarnya.

Selain itu, Rudiawan juga meminta Dinas PU untuk segera melakukan normalisasi pada 12 sungai yang ada di Kota Medan.

“Lalu tidak berfungsi dengan baik, 12 aliran sungai ini juga menjadi penyebab banjir. Oleh sebab itu, kita harap Dinas PU anggarannya kini sudah ditambah dapat mengatasi permasalahan banjir saat ini,” ungkapnya.

Politisi PKS ini menambahkan, Dinas PU bisa segera berkoordinasi dengan BWSS II dalam melakukan normalisasi sungai di Kota Medan. “Ini harus segera dilakukan, sebab musim hujan akan segera datang. Jangan sampai nanti ketika sudah musim hujan, terjadi banjir dimana-mana,” tandasnya.(torong/nur)