388 Jamaah Haji kloter 5 Disambut Wamenag, Satu Ditunda Pulang -->

Advertisement


388 Jamaah Haji kloter 5 Disambut Wamenag, Satu Ditunda Pulang

Rabu, 27 Juli 2022

  


Medan | SNN - Sebanyak 388 jamaah haji Kloter 5 Debarkasi Medan tiba di di Bandara Kualanamu Deli Serdang hari Rabu (27/07/2022) pukul 15.19 Wib. Selain itu, satu jamaah warga Kota Medan, Candra Jaya Paimar ditunda kepulangannya ke Tanah Air dikarenakan sakit.

Jamaah disambut Wakil Menteri Agama Republik Indonesia Dr H Zainut Tauhid Sa’adi MSi bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Abd Amri Siregar MAg.

Wamenag bersyukur karena seluruh jamaah tiba di tanah air dalam keadaan sehat. Ia juga menyapa para jamaah dan bertanya terkait pelayanan haji 1443 H. Jemaah kompak mengatakan baik.

“Bapak Ibu Haji dan Hajjah sekalian, saya izin bertanya, bagaimana pelayanan penyelenggara haji tahun ini? Bagaimana makanannya? Bagaimana transportasi dan penginapannya? Alhamdulillah kami berterima kasih atas kesan yang disampaikan,” ungkap Wamenag.

Wakil Menteri juga meminta maaf kepada para jamaah haji atas kekurangan baik saat pemberangkatan, selama di tanah suci hingga pemulangan jemaah.

“Atas nama PPIH saya memohon maaf. Dengan pelayanan yang maksimal ini tentu ada kekurangannya. Kami menyadari sebagai manusia. Persiapan sangat sempit. Alhamdulillah dapat dilaksanakan dengan baik. Semua ini karena doa bapak ibu sekalian,” katanya.

Zainut Tauhid menyampaikan pesan kepada jamaah untuk semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, kemudian semakin meningkat rasa sayang kepada sesama, dan juga semakin cinta kepada tanah air.

“Sampai di rumah masing-masing, saya berharap kepada saudara sekalian untuk semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya. Di tanah suci semua giat melaksanakan ibadah, maka sepulangnya nanti ritme ibadah itu jangan longgar. Kemudian semakin sayang kepada keluarga, kepada tetangga, kepada kerabat, jadi contoh dan teladan di tengah masyarakat. Lalu, semakin cinta kepada tanah air. Kita mendapatkan predikat sebagai jemaah terbaik selama melaksanakan ibadah haji. Maka teruslah kita mencintai negeri ini,” tambahnya.

Wamenag juga berpesan kepada jemaah haji untuk tetap menjaga kesehatannya dan menjaga kondisi badan.

“Tadi semuanya sudah di tes antigen. Alhamdulillah negatif. Maka dari itu, pesan presiden kepada kita semua tetap jaga kondisi badan kita, kondisi kesehatan kita. Setelah pulang nanti, sampaikan salam kami kepada keluarga,” tutup Wamenag.

Kakanwil Kemenag Sumut mengapresiasi Wamenag yang hadir langsung menyapa para jamaah haji kloter 5. Kakanwil Kemenagsu juga mengatakan berterima kasih kepada jemaah dan memohon maaf atas pelayanan yang diberikan petugas.

Untuk diketahui jamaah haji kloter 5 yang berasal dari Labuhanbatu, Dairi, dan Kota Medan.

Terpisah Koordinator Humas PPIH Debarkasi Medan, HM Yunus menyebutkan untuk jamaah yang ditunda kepulangannya ke Tanah Air, saat ini dirawat di RS King Abdullah Mekkah.

Selain itu tambahnya, dalam Kloter 5 ini terdapat satu jamaah mutasi dari Kloter 10 asal Labuhan Batu, atas nama Nurlela Sari Rambe. Sementara sebelumnya, satu jamaah lainnya, Nur Aisyah Daulay warga Medan telah kembali ke Tanah Air lebih awal bersama Kloter 2 pada 24 Juli.(torong/kas)