SDM Unggul dan Kreatif, Kunci Layanan Pertanahan yang Inovatif di Kantah Kabupaten Banyuwangi -->

Advertisement


SDM Unggul dan Kreatif, Kunci Layanan Pertanahan yang Inovatif di Kantah Kabupaten Banyuwangi

Minggu, 29 Mei 2022

  




Banyuwangi | SNN -
 Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil mengunjungi Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Banyuwangi, Minggu (29/05/2022). Dalam kesempatan ini, Sofyan A. Djalil yang didampingi Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuwangi, Budiono meninjau inovasi layanan pertanahan dan tata ruang, melihat fasilitas kerja dari masing-masing unit kerja, dan diakhiri dengan memberikan pengarahan kepada jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuwangi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN, Sunraizal; Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengadaan Tanah, Arie Yuriwin; Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Yulia Jaya Nirmawati; dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, Jonahar.

Menurut Sofyan A. Djalil, Kantah Kabupaten Banyuwangi memiliki keunggulan dalam hal sarana dan prasarana yang mendukung kinerja para jajaran. Kantor yang luas dan loket yang nyaman, diharapkan dapat mendukung terciptanya layanan yang prima kepada masyarakat. "Kantornya cukup luas, cukup nyaman, ruang arsipnya luas. Tidak banyak kantor yang seperti ini di banyak tempat, jadi fasilitas kerja sudah bagus," sebut Menteri ATR/Kepala BPN.

Dari segi perbaikan layanan, Kantah Kabupaten Banyuwangi telah membuat inovasi dengan membangun Loket Andalan 12 Obyektif Solutif atau disingkat La12os dan dibaca Laros. Inovasi yang dibuat tersebut menurut Menteri ATR/Kepala BPN juga sangat bagus. Terbukti, apresiasi datang dari bupati dan mantan bupati yang dilontarkan kepada Sofyan A. Djalil dalam pertemuan sebelumnya di Pendopo Kabupaten Banyuwangi. "Terima kasih Pak Kanwil, Pak Kakan, dan seluruh jajaran yang telah bekerja baik membuat pelayanan di Banyuwangi semakin baik," ucap Sofyan A. Djalil.

Tidak hanya di Banyuwangi, apresiasi atas perubahan pelayanan pertanahan menjadi lebih baik juga diterima oleh Menteri ATR/Kepala BPN dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Menurutnya, banyak orang yang mengapresiasi bahwa Kementerian ATR/BPN sudah berubah ke arah yang jauh lebih baik. Namun, pekerjaan menjadikan Kementerian ATR/BPN dapat melayani masyarakat secara memuaskan masih jauh perjalanannya. Makam Sofyan A. Djalil mengimbau kepada jajaran agar terus mengembangkan kreativitas supaya menjadi lebih baik lagi.

Dari semua perubahan ke arah yang lebih baik, menurut Menteri ATR/Kepala BPN yang terpenting adalah peran dari pemimpin di suatu lembaga atau daerah. "Kuncinya adalah kepemimpinan. Intinya kalau Pak Bupati bisa, semua orang bisa melakukan. Tapi yang paling penting adalah kemauan, apakah ada keinginan, saya yakin kalau ada keinginan pasti bisa ada jalan. Where there is a will there is a way," terangnya.

"Oleh sebab itu, untuk generasi muda kalian harus punya kemauan, kalau ada kemauan pasti ada jalan. Bapak/Ibu, kalau misalnya Pak Bupati bisa me-reform Kabupaten Banyuwangi, Bapak/Ibu juga pasti bisa memperbaiki jabatan tugas di mana pun Bapak mendapat amanah, karena kuncinya adalah kepemimpinan. Leader makes differences, pemimpin yang membawa perubahan," tambahnya.

Selanjutnya, perbaikan sistem juga dilakukan pada lini sumber daya manusia (SDM). Menurutnya, saat ini Kementerian ATR/BPN sangat memberikan kesempatan bagi pegawai yang berprestasi, untuk dapat diberikan tanggung jawab yang lebih besar. Tentunya untuk menghasilkan SDM yang unggul harus melewati dan memenuhi standar kompetensi. Hal demikian juga berlaku bagi para calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang belum lama bertugas di Kementerian ATR/BPN.

"Kita cari orang-orang bagus untuk dipromosikan, kita berikan kesempatan. Kesempatan juga terbuka bagi teman-teman yang masih muda, ASN yang baru yang terpilih melalui sistem rekrutmen yang sulit. ASN yang baru masuk ini kalau diberikan kesempatan insyaallah akan sangat membantu Bapak/Ibu dalam menjalankan tugas," pungkas Sofyan A. Djalil. (KementerianATRBPN/amir torong)