Dewan Minta Dinas Kebersihan Pertamanan Rutin Perawatan Pohon di Kota Medan -->

Advertisement


Dewan Minta Dinas Kebersihan Pertamanan Rutin Perawatan Pohon di Kota Medan

Selasa, 24 Mei 2022

 


Medan | SNN - 
Ketua Komisi IV DPRD Medan Haris Kelana Damanik ST desak Dinas Kebersihan dan Pertamanan (K&P) Kota Medan melakukan perawatan dan pemangkasan seluruh pohon di Medan. Sehingga dapat meminimalisir resiko tumbang dan korban bila terjadi angin kencang.

“Hal tersebut disampaikan Haris Kelana Damanik ST kepada wartawan, Selasa (24/05//2022) menyikapi banyaknya korban Pohon tumbang dan menimpa rumah warga saat diterjang angin di Medan, Minggu kemarin. Diketahu, pohon yang tumbang dikarenakan dahan dan dedaunan yang sangat rindang.

Menurut Haris, banyak kondisi Pohon di Medan yang luput dari perawatan. Sehingga, kondisi batang dan dahan yang lapuk dan akar yang tidak kuat rawan tumbang. “Kondisi demikian yang perlu dilakukan perawatan rutin,” ujar Haris.

Selain itu, Haris juga minta Dinas K&P harus melakukan perawatan atau penelitian terhadap batang pohon yang keropos atau akar tidak menancap ke tanah. “Banyak kondisi pohon seperti itu sehingga rawan tumbang,” cetus Haris.

Ditambahkan Haris Kelana yang juga Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan itu, Pemko Medan diminta agar peduli dan tanggungjawab terhadap korban pohon tumbang. “Korban pohon tumbang dapat dijamin asuransi dari Pemko Medan,” harap Haris.

Dikatakan, Kepala Dinas K&P Kota Medan supaya lebih memberikan perhatian guna penanggulangan lebih baik ke depan. “Kita patut apresiasi kepada Walikota Medan Boby Afif Nasution yang cepat tanggap terhadap korban. Hal demikian harus diikuti oleh Kepala Dinas K&P Dongoran serta mampu membuat inovasi baru guna perbaikan dan penataan Pohon di Medan,” kata Haris.(torong/nur)