Ketua DPRD Medan Ajak Masyarakat Sukseskan Vaksinasi Lansia -->

Advertisement


Ketua DPRD Medan Ajak Masyarakat Sukseskan Vaksinasi Lansia

Jumat, 03 Desember 2021

 


Medan | SNN -
 Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan Hasyim SE dorong para Camat, Lurah dan Kepling untuk gencar sosialisasi seraya mengajak masyarakat khususnya warga berumur lanjut usia (Lansia) agar mengikuti program vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).

Diharapkan, bila warga lansia sudah divaksin maka kasus Covid 19 segera musnah sehingga aktifitas warga Kota Medan kembali normal.

“Para Kepling harus proaktif, ajak warga. Sesama warga juga saling mengajak tetangga dan keluarga untuk vaksin terutama usia lansia,”ujar Hasyim SE di Medan, Jumat (03/12/2021)

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Medan ini mengatakan, salah satu syarat untuk Kota Medan turun level 1 kasus Covid 19 adalah jumlah usia lansia yang divaksin minimal 60 %. Padahal saat ini katanya masih sekitar 30 %.

“Maka kita harus sama sama mencapai target. Karena jika kita berada di level 1, maka warga Medan sudah dapat beraktifitas normal kembali sedia kala. Selama ini kita cukup menderita mengalami dampak pandemi Covid 19 terjadi krisis ekonomi. Kita semua kiranya dapat mengikuti program vaksinasi dan tetap ikhtiar bersama kiranya Tuhan memberikan yang terbaik untuk kita semua,”sebut Hasyim.

Dikatakan Hasyim, kesehatan merupakan segalanya dan prioritas sehingga dapat beraktifitas mencari rejeki.

Hasyim juga mengatakan, agar Pemko Medan fokus  peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Medan dan mendorong Pemko Medan agar terus berupaya menambah kepesertaan BPJS Kesehatan non iuran bagi warga Medan.

“Tahun 2022 nanti kita harapkan seluruh warga Medan dapat tercover BPJS Kesehatan yang iurannya dibayar Pemko Medan. Dengan menunjukkan KTP Medan saja warga dapat berobat gratis di Rumah Sakit,” terang Hasyim seraya menyebut agar program UHC bisa segera terlaksana. 

Hasyim mengatakan, vaksinasi terhadap masyarakat, dapat membentuk herd immunity (kekebalan kelompok) secara cepat dan mencegah penyebaran Covid-19. Vaksinasi Kekebalan Cegah Covid-19

“Jadi walaupun sudah di vaksin, kita mengingatkan masyarakat untuk tidak kendor dalam mematuhi protokol kesehatan (prokes) salah satunya tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” imbuhnya.

Capaian vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia) di Kota baru mencapai 49,02 persen. Capaian tersebut masih di bawah target yang ditetapkan pemerintah yakni 60 persen warga lansia sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.  

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Mardohar Tambunan mengatakan saat ini pihaknya terus menggenjot program vaksinasi Covid-19 terhadap lansia hingga mencapai 60 persen. Pihaknya menargetkan dalam seminggu kedepan, 60 persen warga lansia sudah mendapatkan suntik vaksin Covid-19.  

"Kami tahu vaksinasi lansia itu di seluruh daerah jadi masalah. Berjalan tapi gerakannya lambat. Mudah-mudahan satu minggu ini bisa kami dapat target ini," kata Mardohar.  (torong/nur)