Kasus Covid-19 Terus Menurun di Medan, Masyarakat Diingatkan Tetap Jaga Prokes -->

Kasus Covid-19 Terus Menurun di Medan, Masyarakat Diingatkan Tetap Jaga Prokes

Kamis, 04 November 2021

  


Medan  | SNN - Meskipun angka penyebaran Covid-19 di Kota Medan terus menurun dan membuat status level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Medan jadi ikut menurun, namun Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengaku tidak mau lengah dan tetap berfokus pada penanganan Covid-19.

Sebagai salah satu contoh, Wali Kota Medan Bobby Nasution berkomitmen untuk tidak akan menutup salah satu dari dua lokasi Isolasi Terpusat (Isoter) Covid-19 di Kota Medan, yakni Gedung P4TK dan Eks Hotel Soechi. Meskipun saat ini, pasien dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) hingga bergejala ringan di dua lokasi Isoter milik Pemko Medan tersebut sangat minim.

Bahkan ditegaskan, Pemko Medan tidak akan menutup Gedung P4TK dan Eks Hotel Soechi sebagai Lokasi Isoter milik Pemko Medan sebelum Pandemi Covid-19 berakhir dan berubah menjadi Endemik.

Atas keputusan itu, Fraksi PDIP DPRD Medan pun memberikan dukungan penuh. Fraksi PDIP menilai, apa yang diputuskan Wali Kota Medan Bobby Nasution tersebut adalah langkah yang sangat tepat dan layak untuk diapresiasi.

"Meskipun kedua lokasi Isoter sangat sedikit pasien nya bahkan ada yang kosong, tapi Wali Kota Medan tak mau menutup salah satu dari dua lokasi Isoter milik Pemko Medan sebelum pandemi berakhir dan berubah menjadi endemik. Tegas saya katakan, itu adalah keputusan yang sangat tepat dan bijaksana," ucap Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan, Robi Barus, Kamis (04/11/2021) petang.

Dengan sepinya pasien, kata Robi, Wali Kota Medan Bobby Nasution bisa saja menutup salah satu dari dua lokasi Isoter tersebut, khususnya Eks Hotel Soechi yang telah habis masa Build Operate Transfer (BOT) nya pada tahun lalu.

Mengingat Medan Mal yang juga merupakan aset milik Pemko Medan yang telah habis masa BOT nya, saat ini telah disewakan senilai Rp20 Miliar kepada pihak ketiga, tepatnya mulai dari 16 November 2021 hingga 16 November 2023 mendatang.

"Logikanya bisa saja Wali Kota Medan menutup Hotel Soechi sebagai lokasi isoter, toh kita punya satu lokasi isoter lagi, yaitu Gedung P4TK di Medan Helvetia. Lalu Hotel Soechi disewakan seperti Medan Mal, uang sewanya bisa jadi PAD bagi Kota Medan. Tapi Wali Kota tidak menutupnya, tidak menyewakannya seperti Medan Mal. Maka jelas, itu bukti Wali Kota Medan lebih mementingkan penanganan Covid-19 dan keselamatan masyarakat dari pada PAD semata. Bukan berarti PAD tidak penting, tapi keselamatan masyarakat jauh lebih penting," ujarnya.

Dijelaskan Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) yang duduk di Komisi I DPRD Medan itu, memang saat ini kebutuhan Kota Medan akan lokasi Isoter sangat minim, hal itu karena angka penyebaran Covid-19. Akan tetapi Robi Barus mengajak semua pihak untuk kembali mengingat, bagaimana pentingnya keberadaan dan fungsi Isoter saat angka penyebaran Covid-19 melonjak seperti beberapa waktu yang lalu.

"Saat itu hampir semua tempat Isoter penuh, bayangkan kalau tidak ada Eks Hotel Soechi yang dijadikan Wali Kota sebagai tempat Isoter tambahan setelah Gedung P4TK, mau kemana semua pasien itu menjalani isolasi. Maka ketika diputuskan tidak akan menutup salah satu dari dua lokasi Isoter itu sebelum pandemi berubah menjadi endemik, saya fikir itu sudah paling tepat. Masyarakat pun tenang, mereka punya pilihan harus kemana untuk menjalani Isolasi apabila terpapar," jelasnya.

Selain itu, lanjut Robi Barus, keputusan yang diambil Bobby Nasution untuk tidak menutup salah satu dari dua lokasi Isoter di Kota Medan adalah tindaklanjut dari isntruksi Pemerintah Pusat agar setiap kepala daerah mengambil tindakan preventif dan langkah-langkah antisipatif dalam mencegah terjadinya gelombang ketiga Pandemi Covid-19.

"Kita berharap gelombang ketiga itu tidak sampai terjadi di Indonesia, khususnya di Kota Medan. Selain tetap menyediakan tempat isoter, saya lihat saat ini Pemko Medan juga sedang terus meningkatkan Vaksinasi Covid-19," lanjutnya.(torong/nur)