Baksos FKMN Peringati Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa Papua Pimpin Ikrar Sumpah Pemuda -->

Baksos FKMN Peringati Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa Papua Pimpin Ikrar Sumpah Pemuda

Jumat, 29 Oktober 2021

 



Medan -  Memperingati Hari Sumpah, Forum Kerukunan Masyarakat Nusantara (FKMN) bersama Garuda Muda FKMN,  Komunitas Satu Hati,  Paguyuban mBanyumas gell, PT Toba Surimi Industries, PT Bahtera Inti Indonesia Logistic, Paguyuban warga Pasundan, KB DIY, PWS, Pagar Jati dan Komunitas Kompak Sumut melaksanakan Bakti Sosial dan pembersihan rumah ibadah, Gereja Bala Keselamatan dan Mesjid QUBA,  di Lingkungan XIX Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara, Kamis (28/10/2021). 


Dalam bakti sosial yang berlangsung sejak pagi tersebut, FKMN menyertakan para pemuda dari  berbagai suku dan mahasiswa Papua yang tergabung dalam Garuda Muda FKMN, membersihkan Gereja Bala Keselamatan dan Mesjid QUBA. 


Selain itu, sebanyak 250 paket sembako dibagikan di Vihara Tek Cun Ong, Gereja Bala Keselamatan dan Mesjid QUBA di Sicanang- Belawan.





Kegiatan ini dibuka langsung Ketua Umum FKMN Kombespol (P) H Teguh Slamet Karyono SH, diawali dengan menyalurkan bantuan renovasi untuk Mesjid Quba dan Gereja Bala.


Dilanjutkan dengan pembacaan ikrar sumpah pemuda yang dpimpin oleh Benedictus SC mahasiswa asal Papua.


Ikrar Sumpah Pemuda ini diikuti Mahasiswa Papua, Komunitas Satu Hati, Paguyuban Banyumas Hel, Pagar Jati, Paguyuban PWS, Paguyuban DIY, Paguyuban Pasundan, Ka Upt ex Kusta Secanang dan undangan lainnya.


Kombes Pol (P) H Teguh Slamet Karyono SH mengatakan bahwa kegiatan baksos yang rutin dilakukan FKMN selama ini, juga merupakan arahan dari Pembina FKMN Kombes Eko Kristianto Sik Msi.




Sementara itu, Pembina FKMN Dr H Ok Henry MSi dalam sambutannya menyampaikan kerukunan harus terus dijaga dan peringatan Hari Sumpah Pemuda ini harus dijadikan sebagai momentum untuk terciptanya kerukunan masyarakat Indonesia,  

 

Pendeta Gereja Bala Keselamatan Bapak Damayanto, mengungkapkan rasa terima atas kegiatan bakti sosial FKMN,.


"Harapan kami, melalui kegiatan ini kerukunan pemuda dapat terwujud di lingkungan 19 dan Belawan," katanya.


Rangkaian kegiatan akhirnya ditutup dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bersama warga binaan eks kusta Dinas Sosial Sumut di lingkungan 19 di Mesjid Quba dan pemberian bantuan dana renovasi Mesjid Quba.





Al Ustadz H Samin Pane MA yang hadir menyampaikan tausiah dalam Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW ini, mengingatkan untuk meneladani sikap dan perbuatan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, sehingga kerukunan masyarakat itu bisa tercapai sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.


Sementara itu Ketua BKM Mesjid Quba Samin Pane dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan dan berharap FKMN menjadi organisasi yg mampu menjaga kerukunan masyarakat seperti yang dilakukan Rasulullah SAW. (Red)