Tebing Tinggi Peringati Haornas Ke- 36 Tahun 2019 -->

Tebing Tinggi Peringati Haornas Ke- 36 Tahun 2019

Selasa, 10 September 2019


Tebing Tinggi | SNN - Pemerintah Kota Tebing Tinggi menggelar upacara peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke- 36 dengan Tema " Ayo Olahraga, dimana saja, kapan saja", dengan pembina upacara Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM, Senin (09-09-2019) di Lapangan sepak bola Ramlan Yatim Jl. Gunung Lauser Kota Tebing Tinggi.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua I DPRD Tebing Tinggi M. Hazly Azhari Hasibuan, Sekdako Kapolres Tebing H. Marpusuk Siregar, Kapolres Tebing Tinggi diwakili, Dandim 0204/DS diwakili, Kajari Tebing Tinggi diwakili, Kakankemenag, Danramil 13, para pimpinan OPD, camat serta lurah se- Kota Tebing Tinggi dan para peserta upacara pelajar se- Kota Tebing tinggi.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan Walikota Tebing Tinggi mengatakan pembangunan didalam olahraga tidak hanya jasmani saja tetapi juga rohani, karena dengan sehat rohani berarti kita telah mendukung kebijakan bapak Presiden tentang revolusi mental, serta SDM unggul Indonesia maju.

Selanjutnya Pembinaan atlet muda berbakat yang di dukung oleh talent identification dan talent scouting yang tepat, telah dibuktikan pula pada perhelatan ASEAN Schools Games (ASG) 2019 di Semarang, Indonesia tidak sekadar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan, Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu.

Dan seperti yang kita ketahui tahun 2018 pada perhelatan Asian Games dan Asian Paragames, kita mendapat kado yang istimewa dari para atlit nasional, peringkat ke 4 pada ajang Asian Games 2018 dengan perolehan 98 medali yang terdiri dari 31 Emas, 24 Perak dan 43 Perunggu. 

Dan yang lebih membanggakan lagi atlit Disabilitas juga mampu mencatatkan sejarah baru kita menjadi peringkat kelima ajang Asian Paragames 2018 dengan perolehan 135 medali yang terdiri dari 37 Emas, 47 Perak dan 51 Perunggu.

Itu pertanda bahwa kita telah menata fondasi olahraga prestasi yang cukup kuat dimulai dari usia Dini, atlit Unggulan dan atlit Disabilitas.

Dengan demikian, kita telah memiliki harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan secara berjenjang, ucapnya.

Dan tahun ini kita telah menyiapkan atlit-atlit yang akan bertanding dalam perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade Tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Tokyo,cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Olimpide 2020 merupakan cabang olahraga unggulan yang kita harapkan mampu melampaui target yang ditentukan.

Selanjutnya untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga, kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat.

Semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur baik pelajar, masyarakat, pekerja/ karyawan, dan semuanya, bahkan warga binaan yang ada di Lembaga Permasyarakatan.

Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup. Permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah, Maka dengan Gerakan Ayo Olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut.

Terakhir Beliau mengucapkan selamat memperingati Hari Olahraga Nasional ke-36, semoga kedepan semua warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat mencintai olahraga dan memposisikan olahraga sebagai pilihan dan gaya hidup sehat dan bugar. 

Dan melalui peringatan HAORNAS kita kuatkan lagi olahraga prestasi untuk menuju pentas yang lebih besar yakni di Olimpiade dan Paralimpiade nanti.

Kegiatan diwarnai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada pengurus cabang olahraga Kota Tebing Tinggi dan penyerahan tali asih kepada Atlit berprestasi yang diserahkan langsung oleh Walikota Tebing Tinggi.(fit)