Buka Musrenbang RPKD Kota Tebing Tinggi Tahun 2025,Pj Walikota Ajak Peserta Sampaikan Usulan Program Pembangunan -->

Advertisement


Buka Musrenbang RPKD Kota Tebing Tinggi Tahun 2025,Pj Walikota Ajak Peserta Sampaikan Usulan Program Pembangunan

Jumat, 02 Februari 2024

 


Tebingtinggi | SNN - Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. didampingi Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., CGCAE bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dan stakeholder terkait, membuka Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kota Tebing Tinggi tahun 2025, Jumat (02/02/2024) bertempat di Gedung Balai Kartini Convention Center Jl. Gunung Leuser BP7. 

Dalam arahan dan bimbingannya, Pj. Wali Kota mengajak seluruh peserta menyampaikan usulan program masyarakat secara langsung, sehingga diharapkan tidak ada lagi program tertinggal.

“Mungkin masih ada usulan bapak/ibu yang tertinggal, dapat disampaikan/disalurkan, dengan harapan tidak ada program yang tertinggal, tidak ada orang yang terkucilkan,” kata Pj. Wali Kota.

Selain itu, Pj. Wali Kota meminta kepada instansi/ OPD yang terkait untuk selalu memberikan pelayanan yang maksimal, dengan senyum dan salam sapa yang ramah. Hal ini menurut Pj. Wali Kota menjadi bagian pembentukan sumber daya manusia dalam membangun akhlak sosial, gotong royong dan sopan santun.

“Karena apa? kesan pertama begitu menggoda. Kita harapkan itu bisa kita terapkan di Kota Tebing Tinggi ini. InsyaAllah orang akan mau datang untuk selanjutnya,” ujar Pj. Wali Kota.

Lebih lanjut, Pj. Wali Kota menyampaikan agar fokus dalam pembangunan dengan tetap menyesuaikan terhadap program-program nasional, regulasi-regulasi yang ada, sehingga seiring berjalan, kolaborasi memberi dampak lebih bagi pembangunan di Kota Tebing Tinggi.

"Diharapkan Kota Tebing Tinggi bisa melakukan percepatan lompatan yang bagus. Meyakinkan semua pihak dari luar, kalau Kota Tebing Tinggi yang maju, daerah sekitar tidak akan tertinggal bahkan menerima manfaat, semisal adanya MPP,” harap Pj. Wali Kota. 

Dalam kesempatan itu, Pj. Wali Kota juga berpesan agar momentum Pemilu tahun 2024 ini, seluruh masyarakat dapat menciptakan suasana damai dan kondusif serta menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya.

"Supaya terpilih wakil-wakil rakyat yang benar-benar dipercaya mampu mendorong ini semua. Karena kita ingin berkolaborasi di pemerintahan daerah itu penyelenggaranya dua, Wali Kota serta jajarannya dan DPRD sebagai wakilnya bapak/ibu sekalian,” demikian ujar Pj. Wali Kota.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik menyampaikan dalam laporannya, bahwa arah kebijakan Pemerintah Kota Tebing Tinggi untuk tahun 2025 sudah di sinkronkan dengan arah kebijakan 20 tahun, 2025-2045 dan telah disinkronkan dengan arah kebijakan pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan juga arah kebijakan Rencana Kerja Pemerintah Pusat. 

Dari arah kebijakan ini, terang Kepala Bappeda, maka diturunkan menjadi 4 prioritas pembangunan. Pertama, prioritas peningkatan SDM, kedua peningkatan dan penataan pembangunan infrastruktur, ketiga peningkatan ekonomi  kreatif dan keempat prioritas pengoptimalan reformasi birokrasi.

“Jadi kegiatan hari ini lebih fokus di tahun 2025 saja, tema pembangunan ini nanti akan melakukan pengerucutan atas apa yang akan dilakukan di 5 tahun RPJMD pertama tahun demi tahun, 2025-2029. Kami sampaikan juga, seluruh rangkaian kegiatan ini tetap menggunakan aplikasi yang sudah dipandu regulasi oleh Kemendagri RI yaitu aplikasi SIPD RI, tidak ada aplikasi lain,”ungkap Kepala Bappeda.

Adapun fokus pembangunan Kota  Tebing Tinggi, ialah menjadi kota pendidikan, kota kuliner dan kota layanan kesehatan.

“Capaian tiga fokus utama yang akan kita format di tahun 2025 sampai di 2029. Mohon berkenan nanti juga melakukan penegasan pada tiga fokus hal-hal ini, akan kami forward ke BPKPD. Kepada Kepala SKPD agar rincian belanjanya mengkerut hanya pada tiga fokus ini saja,” jelas Kepala Bappeda.

Berikutnya bahwa untuk infrastruktur, masih ujar Kepala Bappeda, tetap menjadi landasan dan hanya menjadi faktor penunjang, hal ini dikarenakan skema yang telah diarahkan oleh Pj. Wali Kota Tebing Tinggi dan Pj. Sekdako, sehingga kita ingin membangun kualitas sumber daya manusia dengan anak yang sehat, anak yang cerdas dan anak yang bisa mengendalikan kondisi ekonomi Kota Tebing Tinggi di 20 tahun mendatang.

“Kami mengharapkan bapak/ibu dapat memberikan saran, pendapat yang konstruktif untuk membangun Kota Tebing Tinggi maju sejahtera dan berkelanjutan mulai 2025 sampai 2045," tutup Kepala Bappeda.

Kegiatan dirangkai dengan pemutaran video kaitan dengan Pemilu 2024, berfoto bersama dan dilanjutkan dengan pemaparan dari para narasumber.

Dengan narasumber pada kegiatan ini antara lain, Indra Fauzan, SHI., M.Soc.Sc., Ph.D mewakili Dekan Fisip USU, Dekan Fisip Unimed Dr. Ratih Baiduri, M.Si., Ketua Prodi Magister Antropologi Sosial Unimed Dr. Supsiolani, S.Sos., M.Si. dan Tapi Sari Rumondang Bulan Siregar, S.S., S.E., Ak. mewakili Bappeda Litbang provinsi Sumut.

Hadir  Kabag Ren Kompol. A.A. Siregar, Danramil 13/ TT Kapt. Inf. Yudi Chandra,  Sekretaris PN Tegen Maharaja, S.H., Kepala OPD, Camat,Lurah,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Insan Pers, dan Tim Peliputan Diskominfo.(torong/nur)