Kapoldasu Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas Sejajaran Poldasu -->

Kapoldasu Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas Sejajaran Poldasu

Senin, 29 Maret 2021

 

Medan | SNN - Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si hadir dan membuka pelaksanaan kegiatan Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas, bertempat di Hotel Radisson Jl. H. Adam Malik Medan. Turut hadir Wakapolda Sumut, Brigjen. Pol. Dr. Dadang Hartanto, S.H., S.I.K., M.Si, PJU Polda Sumut, Kasubdit Dit Binmas Polda Sumut, Kasat Binmas dan perwakilan Bhabinkamtibmas Polres Jajaran serta narasumber yaitu dr. Restu H (Dokter) dan Dr. Wisman Hadi, SH., M.Hum (Ahli Bidang Komunitas UNIMED), Senin (29/03/2021).

Adapun kegiatan ini dengan tema "Bhabinkamtibmas sebagai sahabat dan informasi masyarakat serta menjadi fasilitator Tracer Covid-19 di wilayah Sumatera Utara"

Kapolda Sumut dalam kesempatan tersebut mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Rakernis oleh Mabes Polri. Untuk kegiatan selanjutnya diupayakan dengan memanfaatkan teknologi Zoom Meeting.

Bhabinkamtibmas adalah polisi sekaligus Ulama dan Pendeta di masyarakat. Sekarang sudah banyak Bhabinkamtibmas yang sudah berhasil seperti membuat pesantren, dan lain-lain di Desa.

"Program 100 Kapolri yakni menjadikan Bhabinkamtibmas sebagai Pusat Informasi dan sebagai Problem Solver. Selalu berkoordinasi dengan Babinsa dan Puskemas karena kita tidak bisa kerja sendiri dan harus ada kebersamaan", ucap Irjen Pol Panca.

Selain pandemi Covid-19, Irjen Pol Panca berpesan agar peran Bhabinkamtibmas juga harus menangani premanisme yang ada di lingkungan masyarakat.(torong/arjuna)