Kodim 0112/Sabang Arahkan Babinsa Beri Bantuan Kepada Masyarakat -->

Kodim 0112/Sabang Arahkan Babinsa Beri Bantuan Kepada Masyarakat

Sabtu, 31 Maret 2018

Sabang | SNN – Selain menjalankan tugas sebagai Tentara Nasional Indonesia Angjatan Darat (TNI-AD), melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0112/Sabang, mengarahkan seluruh Babinsanya untuk lebih memperhatikan masyarakat dalam segala hal, termasuk membantu masyarakat dan pengunjung yang berlibur di kawasan wisata Teupin Layeeu Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya Sabang.

 Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 02/Sukakarya Kopda M.Imrom, Jumat lalu M.Imron yang sehari-hari bertugas memberi keamanan, kenyamanan kepada Negara dia juga merasa bertanggung jawab untuk membantu masyarakat setempat, dan juga merasa berkewajiban membantu mengatur Lalulintas (Lalin) di kawsan Wisata yang paling terkenal di Sabang itu Dilakukannya mengatur Lalin di kawasan wisata Teupin Layeeu Gapong Iboih tersebut, karena kawasan wisata itu sendiri merupakan, salah satu di wilayah binaan Koramil 02/Sukakarya sebagai kawasan wisata yang padat dikunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri terutama pada saat musim libur .


 Komandan Kodim 0112/Sabang Letkol Czi Kholid Firdaus,SE, yang dikonfirmasi SNN Letkol yang sangat akrab dengan wartawan ini membenarkan bawah, Babinsa Kodim 0112/Sabang merupakan prajurit yang bertugas digaris depan, selain menjalankan tugas pokok sebagai teritorial dan juga berkewajiban membantu tugas lainnya termasuk mengatur Lalin membantu Kepolisian, kata Letkol Firdaus.

 Babinsa yang ikut mengatur Lalin di kawasan padat pengunjung wisatawan yang itu tambah Dandim, dilaksanakan pada saat terjadi kemacetan arus lalu lintas terutama ketuika libur panjang dan hari minggu, dimana kawasan wisata Iboih merupakan kawasan terpadat dan ramai, dikunjungi wasatawan dalam dan luar negeri. Kedepan seluruh Babinsa yang mengawasi 18 Gampong (Desa) 2 Kecamatan di Sabang, mereka tidak saja bertugas seperti biasanya tetapi juga berkewajiban melakukan tugas-tugas lainnya dimana mereka berada. Artinya, jika terjadi kemacetan wajib ikut saling kerja sama dengan Kepolisian untuk mengatur Lalin., jelasnya.

 Sementara itu Kopka M.Imron, selaku prajurit yang ditugaskan sebagai Babinsa Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya Kota Sabang, menembahkan, dirinya selalu siap setiap dibutuhkan bantuan masyarakat untuk melaksanakan secara cepat dan tanggap memberi bantuan, termasuk membantu Kepolisian guna kelancaran arus lalu lintas sehingga pengguna jalan bisa nyaman, aman dan lancar. Sinergitas aparat khususnya Koramil dan Kepolisian, dalam menjalankan tugasnya dilapangan harus selalu sejalan, hal tersebut untuk memperat tali silaturahmi antara aparat Negara serta masyarakat. Maka, perlu dilakukan seperti yang dikerjakan Kopda M.Imrom bersama aparat Kepolisian dalam mengatur Lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

 “Sehingga dampaknya dirasakan Nyaman dan Aman bagi masyarakat setempat, pengunjung lokal maupun wisatawan dalam dan luar negeri, yang menghabiskan waktu liburannya di Gampong Iboih. Dengan keamanan, kenyamanan dan kesejukan, maka wisatawan selain senang berada di Sabang dan juga akan berdampak pada pendapatan bagi masyarakat serta pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ungkap Babinsa Kopda M.Imron disela-sela mengatur Lalu Lintas.(jal)