Akhyar Pimpin Pengorekan Danau Martubung -->

Advertisement

Akhyar Pimpin Pengorekan Danau Martubung

Selasa, 21 Januari 2020

Medan | SNN - Pengorekan Danau Martubung di Perumahan  Griya Martubung Jalan Tangguk Raya, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan dimulai, Senin (20-01-2020). Selain mengembalikan fungsinya  sebagai kawasan resapan air (hydrologis),  pengorekan yang dipimpin langsung Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi juga dilakukan dalam upaya untuk menjadikan danau buatan ini sebagai kawasan wisata.

Plt Wali Kota memimpin langsung pengorekan. Kedua alat berat selanjutnya melakukan pengorekan sekaligus membersihkan enceng gondok yang sudah bertahun-tahun menutupi permukaan danau.

"Pengorekan yang dilakukan ini untuk menindaklanjuti janji Pemko Medan yang akan merevitalisasi kawasan Danau Martubung usai penyerahan yang telah  dilakukan. "Tujuan utama dilakukan pengorekan ini untuk mengembalikan fungsi hydrologis Danau Martubung sehingga dapat menampung  sekitar 80.000 meter kubik air. Di samping  itu untuk menjadikan kawasan ini sebagai tempat wisata sehingga memberikan manfaat bagi warga sekitar," kata Akhyar.

Apabila kawasan ini bersih dan indah, maka banyak pengunjung yang akan datang. Jika sudah banyak pengunjung datang, maka banyak yang akan belanja sehingga sehingga terjadi  pertukaran ekonomi. Kita berharap kawasan ini menjadi tempat pertumbuhan ekonomi baru di Kecamatan Medan Labuhan, umumnya kawasan Medan Bagian utara. Jadi, saya mengajak seluruh warga sekitar, yok kita jaga kebersihan lingkungan, terutama Danau Martubung,ujarnya.

Pengorekan dan pembersihan ini pun mendapat apresiasi warga sekitarnya, salah satunya Rambe (55). Pria paro baya yang telah bermukim puluhan tahun di kawasan tersebut, mengucapkan terima kasih kepada Plt Wali Kota.

"Kami sangat mengapresiasi atas pengorekan dan pembersihan yang diinisiasi Plt Wali Kota. Semoga dengan pengorekan yang dilakukan ini, Danau Martubung kembali menjadi kawasan resapan air sehingga mampu meminimalir genangan air yang terjadi jika hujan deras turun. Apalagi Danau Martubung akan dijadikan tempat wisata, tentunya ini sangat membantu meningkatkan perekonomian warga sekitarnya," ungkap Rambe. (torong/fit)