Walikota Tebing Tinggi Membuka Pencanangan Pembuatan Lupang Resepan Biopori -->

Walikota Tebing Tinggi Membuka Pencanangan Pembuatan Lupang Resepan Biopori

Sabtu, 28 September 2019


Tebing Tinggi | SNN - Walikota Membuka Pencanangan Pembuatan Lubang Biopori Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM membuka resmi kegiatan pencanangan pembuatan lubang resapan Biopori, Jum'at (27-09-2019) bertempat di TPA lama Kota Tebing Tinggi.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dandim 0204/DS diwakili Danramil 13, Kapolres Tebing Tinggi diwakili, Kaden brimob Tebing Tinggi diwakili, para OPD, camat dan lurah se- Kota Tebing Tinggi.

Mengawali sambutannya Walikota Tebing Tinggi mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang harus kita sukseskan dan kita selenggarakan untuk terjaminnya masa depan anak/cucu kita.

Beliau juga menegaskan kepada semuanya bahwa urusan air bersih, sampah dan sanitasi merupakan urusan pokok pemerintah daerah kota maupun kabupaten  dan bukan urusan pemerintah pusat.

Pembuatan biopori yang kita lakukan ini adalah salah satu tujuannya untuk menjamin air bersih kita ada, karena kalau semua lahan ditutup dengan semen atau sejenisnya yang menyebabkan air hujan tidak masuk maka ketersedian air bersih kita akan berkurang, saat sekarang ini ketersediaan air bersih 87,5%, bersih belum tentu aman.

Terakhir Walikota menegaskan kepada seluruh Camat dan Lurah wajib hukumnya melihat kondisi ini dilapangan, wajib hukumnya uang dana kelurahan itu sebahagian digunakan untuk kepentingan sanitasi agar tidak ada buang air besar sembarangan yang dapat mencemarkan lingkungan terutama air.

Selanjutnya Kadis Perkimsih kota Tebing Tinggi dalam wawancaranya mengharapkan pencanangan pemasangan biopori ini juga harus diikuti oleh seluruh lapisan mulai dari dinas kemudian sekolah-sekolah dan seluruh masyarakat.

Selain itu juga menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kota Tebing Tinggi ini bisa menanggulangi, bahwa ini dilakukan bukan untuk kita saja tapi untuk anak cucu kita di masa yang akan datang. dan ini juga untuk pengomposan karena nanti akan dimasukkan sampah sampah yang ada dan ini bisa bermanfaat kepada tanaman-tanaman yang ada.

Dilanjutkan Kadis Lingkungan hidup juga mengatakan, biopori sangat baik untuk keberlangsungan hidup kita terutama untuk generasi selanjutnya dan kita tahu bahwa biopori ini gunanya untuk membentuk biopori tanah.

"Karena secara alami di kota biopori itu tidak terbentuk secara alami lagi maka harus kita ciptakan, kita buat biopori buatan dan inilah tujuannya serapan air serta cadangan air dan juga untuk kesuburan tanah dan keseimbangan alam akan tercipta," ujarnya.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan pipa biopori kepada camat se- Kota Tebing Tinggi oleh Walikota Tebing Tinggi didampingi Porkofimda Tebing Tinggi dan dilanjutkan dengan pemasangan pipa biopori.(fit)