Wali Kota : Ayo Kita Bersihkan Sungai Kera -->

Wali Kota : Ayo Kita Bersihkan Sungai Kera

Rabu, 26 Juni 2019

Medan | SNN - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengajak seluruh warga yang bermukim di sepanjang pinggiran Sungai Kera untuk  mendukung gotong royong massal  guna membersihkan sungai tersebut, Selasa (25-06-2019). Gotong royong massal dilakukan untuk  membersihkan permukaan air sungai dari sampah yang selama ini sangat mengganggu kelancaran air. Jika air Sungai Kera lancar mengalir, genangan air yang selama ini terjadi dapat diminimalisir.

“Ayo, kita bersama-sama gotong royong massal  membersihkan sampah dari permukaan Sungai Kera. Insya Allah, gotong royong massal  akan dilakukan besok (hari ini) pagi mulai pukul 08.00 WIB. Titik kumpul di sekitar jembatan Sungai Kera Jalan Bhayangkara,” kata Wali Kota, Senin (24-06-2019).

Dikatakan Wali Kota, gotong royong massal ini, selain  jajaran Pemko Medan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kebersihan dan Pertamanan,  jajaran kecamatan, juga melibatkan Polda Sumut, Balai Wilayah Sungai Sumatera dan personel TNI.

“Gotong royong massal ini kita laksanakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Medan ke-429 dan Hari Bhayangkara ke-72. Kebetulan Hari Jadi Kota Medan dan Hari Bhayangkara  sama yakni jatuh tanggal 1 Juli.  Jadi salah satu bentuk penyambutan  yang kita lakukan dengan menggelar gotong royong massal dan masyarakat pun bisa merasakan manfatnya,”  ungkapnya.

Guna mendukung kelancaran gotong royong massal, Wali Kota mengatakan sejumlah alat berat yang  dimiliki Dinas PU akan diturunkan berikut  truk  untuk mengangkat sampah bercapur lumpur yang  selama ini terbenam di dasar Sungai Kera sehingga menyebabkan aliran air terganggu,” terangnya.

Wali Kota berharap gotong royong massal berjalan dengan lancar sehingga sampah yang menutupi permukaan sungai dapat diatasi. Dengan demikian saat hujan deras turun, Sungai Kera dapat menampung  aliran air dari drainase maupun parit untuk selanjutnya dialirkan menuju pembuangan akhir di kawasan Jalan Cemara yang telah masuk wilayah Kabupaten Deli Serdang.

“Untuk itu saya mengetuk kesadaran hati masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan, terutama dalam sungai, drainase maupun parit. Buanglah sampah di tempat yang telah disediakan. Jika di sekitar tempat tinggal tidak ada tempat sampah, maka sampah  wadahilah sampah rumah tangga yang dimiliki agar tidak berserakan dan tempatkan di depan rumah karena petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan akan mengangkut sampah tersebut, “  pesannya. (torong/fit)