Wali Kota Kembali Hadiri Forum Global Harbor Cities Di Taiwan -->

Wali Kota Kembali Hadiri Forum Global Harbor Cities Di Taiwan

Rabu, 26 September 2018


Kaohsiung | SNN  - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi kembali menghadiri  undangan  untuk mengikuti  Forum Global Harbor Cities di Kota Khaosiung, Taiwan, yang berlangsung mulai 25-27 September. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari  forum yang telah digelar  pertama kali  dua tahun silam (2016).

Dalam forum yang kedua ini, para peserta yang berasal dari 25 kota pelabuhan  terbesar di dunia, termasuk Kota Medan membahas pentingnya menjalin kerja sama sekaligus upaya mengendalikan pembangunan industri baru, keberlanjutan dan ekonomi samudra. Di samping itu juga sebagai sarana bertukar informasi tentang peluang dan tantangan yang muncul dengan adanya perkembangan teknologi dan restrukturisasi perekonomian dunia.

Dikatakan Wali Kota,  dipilihnya Kota Kaoshiung sebagai tuan rumah penyelenggaraan forum ini  untuk kedua kalinya karena  kota yang merupakan hasil penggabungan Kota Kaohsiung dan Kabupaten Kaohsiung  sejak 25 Desember 2010 dianggap berhasil dalam merevitalisasi kawasan industri lama yang identik sebagai kawasan bersejarah menjadi kawasan industri baru.

“Forum ini sangat penting  digelar guna membicarakan tentang bagaimana pentingnya sebuah kota pelabuhan dalam menghadapai landscape global yang selalu berubah. Kemudian  bagaimana  mengatasi tantangan serta upaya membangun kerjasama antar anggota forum untuk berkembang bersama,” kata Wali Kota.
               
Wali Kota mengungkapkan, manfaat pelabuhan bagi sebuah kota tidak hanya sebatas tentang aliran barang tetapi tentang bagaimana sebuah pelabuhan dapat menciptakan keunikan tertentu bagi sebuah kota.  “Kota pelabuhan adalah sebagai pintu gerbang sebuah negara yang dapat berkomunikasi langsung dengan pihak asing,”  ungkapnya.
               
“Diharapakan hasil dari forum ini bisa membuka wawasan tentang pengembangan kawasan pelabuhan secara berkelanjutan, terutama pengembangan Belawan menjadi Water Front City ,” harapnya.(torong/fit)