Wali Kota Medan Kukuhkan 44 Paskibraka Kota Medan 2018 -->

Wali Kota Medan Kukuhkan 44 Paskibraka Kota Medan 2018

Kamis, 16 Agustus 2018

Medan | SNN - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengukuhkan 45 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Medan tahun 2018 di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Rabu (15-08-2018).

 Mereka nantinya yang akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera Merah Putih pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Benteng Medan, Jumat (17-08-2018).

Wali kota menyampaikan rasa bangganya terhadap 45 Paskibraka yang merupakan hasil seleksi dari perwakilan seluruh SMA di Kota Medan. Dia menilai, anggota Paskibraka ini merupakan generasi muda Kota Medan yang cerdas, berkarakter serta tangguh sehingga dapat diandalkan untuk dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka Kota Medan.

 Tidaklah mudah dan harus melewati berbagai seleksi dan pengujian. Sebab, tugas yang akan diemban nantinya juga tidak mudah. Apalagi jika mengaca dengan sejarah dulu, mengibarkan bendera Merah Putih hingga puncak tiang harus mengorbankan puluhan ribu nyawa manusia. 

“Selain usaha yang gigih, juga perlua perjuangan senjata yang tidak henti serta ditambah strategi kuat untuk mempertahankannya. Oleh karenanya dengan terus mengingat sejarah tersebut, saya berharap ananda semua mampu memaknai posisi ananda sebagai Paskibraka. Jadi tumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa dan negara serta menyebarkannya kepada seluruh lingkungan sekitar ananda berada,” kata Wali kota.

Sementara itu Kadispora Kota Medan Mara Husin Lubis SH menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah melakukan seleksi terhadap 800 siswa dari seluruh SMA/MA di Kota Medan. Setelah dilakukan beberapa kali seleksi hasil kerjasama dengan pihak Dandim 0201/BS dan Yonkav 6/Serbu, akhirnya terpilih 45 orang yang dipercayakan menjadi Paskibraka Kota Medan tahun 2018. 

 “Dari 45 siswa yang terpilih tersebut, 44 orang dikukuhkan menjadi Paskibraka Kota Medan tahun 2018 yang akan bertugas menaikkan dan menurunkan bendera Merah putih pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Benteng Medan. Sedangkan seorang siswa lagi menjadi satu anggota Paskibraka Nasional yang akan bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Istana Negara,” jelas Mara Husin.(torong/fit)