Gedung Destinasi Wisata Bahari Segera Dibangun di Sabang -->

Gedung Destinasi Wisata Bahari Segera Dibangun di Sabang

Kamis, 30 November 2017


Sabang | Indonesia Berkibar News - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia akan terus membenahi Sabang untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan nasional dan mancanegara untuk berkunjung menikmati panorama alam Sabang. Salah satunya dengan membangun gedung destinasi wisata bahari.

Hal tersebut disampaikan Penasehat Kehormatan Menteri Pariwisata RI,  Indroyono Soesilo dalam konfrensi pers tentang pelaksanaan Sail Sabang 2017 yang digelar sejak, 28 November hingga 5 Desember 2017 di Media Center CT-3 Pelabuhan BPKS di Kota Sabang, Kamis (30-11-2017).

Indroyono mengatakan, selama ini Sabang yang kenal sebagai tempat pariwisata bahari internasional sangat minim gedung destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancenegara selama berada di Kota Sabang.

"Wisatawan luar negeri yang ke Sabang, keliling dua jam selesai. Setelah itu nggak tahu mau ngapain lagi," kata Indroyono didamping Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwsata (Disbudpar) Aceh, Rahmadhani.

Kementerian Pariwasata, tambahnya akan terus berupaya untuk membenahi Sabang agar para wisatawan tidak bosan-bosan datang berwisata di laut Sabang yang kaya dengan biota laut dan keindahan alamnya.

Pembangunan destinasi wisata ini, kata Indroyono, akan dimulai pada 2018 untuk mendukung destinasi wisata bahari yang saat ini sudah dicanangkan di Sabang. Beberapa destinasi baru yang akan digarap di Sabang yaitu pembangunan Stasiun Oseanografi LIPI, pembangunan Floating Aquaculture Modern, dan Kebun Raya Sabang.

Indroyono yang juga Ketua Tim Percepatan Wisata Bahari, menambakan, Sabang mempunyai sarana yang lengkap untuk mendatangkan wisatawan. Dermaga di CT-3 BPKS di Kota Sabang yang mampu menampung cruise ship berkapasitas 5000 penumpang, ada bandara, dan juga akses air bersih serta listrik. Namun kekurangan destinasi gedung untuk dikunjungi.

"Tiga juta penumpang wisata cruise ship yang singgah ke Sabang. Jadi potensi ada, atraksinya ada, infrastrukturnya digarap di Sabang," sebutnya.

Ia berharap, dengan dibangunnya infrastruktur destinasi wisata di Sabang, cruise ship yang mengangkut ribuan wisatawan mancanegara akan singgah di Sabang sebulan sekali. Ia juga meminta masyarakat Sabang menjaga kebersihan lingkungan dan bersifat ramah.

Targetnya, Indonesia mendapat 20 juta miliar dolar dari sektor pariwisata pada tahun 2019. “Untuk itu, kegiatan bahari internasional tahun depan, Sabang juga menjadi salah satu pusatnya,” pungkas Indroyono dalam konferensi tersebut.(rel/torong)


---