Dampak Abu Vulkanik Letusan Gunung Sinabung

1 Dampak Abu Vulkanik

Kabanjahe | SNN – Dalam menjalani kehidupan di sekitar gunung sinabung sering terjadi banyak hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat ,paska meletusnya gunung merapi sinabung pada saat ini banyak mengalani penyakit yang diderita masyarakat tutur Yolan Sitepu warga Bandar Meriah sewaktu berobat kesalah satu rumah sakit di Kabanjahe.

Penuturan seorang perawat kesehatan, bahwa beberapa hari ini ada lebih kurang 20 orang yang datang berobat ke klinik kita ini, banyak pasien yang menderita penyakit Batuk, leher kering, demam dan ada pening-pening, ini kemungkinan diakibatkan oleh abu vulkanik yang ada disekitar daerah tersebut.

Sementara penuturan warga Berastagi, bahwa abu vulkanik masih ada di jalanan maupun didepan rumah yang hampir setiap pagi kita lihat.

Disekita Gunung Sinabung itu arah yang sudah menjadi sasaran abu vulkanik adalah desa Tanjung Merawa, Batu Karang dan sekitarnya, sudah menyelimuti tanaman Kubis, cabe, tomat, akibatnya tanaman petani menjadi tidak laku dijual dan untuk disayur pun kita tidak berani memakannya, tutur Into Bangun warga Batu Karang.

Untuk itu kita harapkan semua masyarakat dapat mengerti, akibatnya akan berimbas pada biaya kehidupan, karena semia hasil pertanian dari daerah ini sudah dianggap terkena abu vulkanik, tutur warga

Lebih lanjut harapan warga agar pemerintah daerah kab Karo Provinsi Sumatera Utara ini dapat membuat posko kesehatan di setiap desa yang terkena bencana tersebut, ujar R.sembiring. (wasta.purba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>