Pengukuhan dan Pelantikan Siswa/I Yayasan Soposurung Balige

1 Pengukuhan dan Pelantikan sambutan

* Bupati Sergai Soekirman “Anakhon Hi Do Hamoraon Di Au”       


 

 

 

Sei Rampah | SNN – Anak adalah kekayaan keluarga yang harus dididik dengan bertanggungjawab oleh keluarga maupun lingkungannya, seperti yang terungkap dalam lagu tradisional suku Batak “Anakhon Hi Do Hamoraon Di Au”.

Hal tersebut disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dalam kata sambutannya mewakili para kepala daerah yang hadir pada acara Pengukuhan dan Pelantikan 24 orang siswa/i Yayasan Soposurung (YASOP) Balige Baru Tahun Ajaran 2012 -2013 di Lapangan Mini Asrama Yayasan Soposurung di Balige Kabupaten Toba Samosir, Sabtu (06-07-2013).

Turut hadir pada acara tersebut Menteri Kesehatan RI Dr Nafsiah Mboi,SpA, MPH, Ketua Dewan Pembina Yayasan Soposurung Letjen (Purn) TNI TB. Silalahi, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Sinyo Harry Sarundajang, Bupati Deli Serdang, Bupati Taput, Bupati Samosir, Bupati Tobasa, Walikota Siantar dan Para Donatur Yayasan Soposurung.

Hal ini disampaikan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman melalui Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala di ruang kerja di Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (08-07-2013).

Disela-sela sambutannya, Bupati Soekirman mengemukakan bahwa TB. Silalahi sengaja memberikan kehormatan untuk menyampaikan arahan dan sambutan mewakili para kepala daerah yang hadir karena baru saja dilantik sebagai Bupati Sergai. Dalam kesempatan itu Bupati Sergai sempat martarombo secara fasih (menyusur silsilah) mulai dari raja batak sampai dengan keturunan Silalahi Sabungan lengkap dengan marga turunannya.

Bupati Sergai mengajak seluruh pomparan marga-marga seputar Danau Toba untuk melestarikan spesies-spesies burung, seperti ambaroba, sitapi-tapi, sibigo dan lain-lain. Dengan lestarinya spesies burung di daerah ini, maka biji-biji tanaman akan disebarkan di seluruh wilayah Danau Toba dan sekitarnya. Begitu juga dengan kelestarian lingkungan hidup spesies burung memegang peranan penting untuk kelestarian pohon beringin di sekitar Danau Toba.

Menutup sambutannya Bupati Soekirman mengucapkan selamat kepada Yayasan Soposurung yang telah menghasilkan banyak SDM berkualitas yang bermanfaat bukan hanya di Tapanuli, Sumut bahkan Indonesia. Bupati Soekirman juga mengharapkan agar para anak didik tersebut dapat menghargai dan memanfaatkan kesempatan yang mereka peroleh untuk mengenyam pendidikan di Yayasan Soposurung sebagai sekolah yang telah banyak melahirkan lulusan yang berkualitas.

Sehingga mampu menjadi generasi yang kompetitif, mandiri serta mampu berbakti untuk nusa dan bangsa seperti perumpamaan suku Batak yang mengatakan “ijuk di para-para hotang di palabian nabisu napuna hata na oto tu panggadisan”, tutur Bupati Soekirman.

Dalam kesempatan itu juga Bupati Soekirman mendoakan untuk TB. Silalahi agar tetap dikaruniakan kesehatan dan kekuatan menjalankan tugas-tugasnya dan terus-menerus diberi inspirasi untuk membangun bangsa dan negara ini.

Sementara itu sebagai bentuk simpati dan penghargaan terhadap daerah asal TB. Silalahi, Menteri Kesehatan RI Dr. Nafsiah Mboi,SpA, MPH, memberikan bantuan berupa 12 unit mobil ambulance untuk puskesmas-puskesmas di sekitar wilayah Balige.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang mengemukakan akan mengutus staf untuk melakukan study banding ke daerah Tobasa khususnya di Yayasan Pendidikan Soposurung Balige.(JN)

Teks Photo :
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman memberikan sambutan di hadapan tamu undangan pada acara Pengukuhan dan Pelantikan Siswa/i Yayasan Soposurung (YASOP) Balige Baru Tahun Ajaran 2012 -2013 di Lapangan Mini Asrama Yayasan Soposurung di Balige Kabupaten Toba Samosir, Sabtu (06-07-2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>