TUCC Gelar Sosialisasi Jaminan Sosial dan BPJS

Banda Aceh | SNN – Sistem Jaminan sosial Kesehatan bagi Seluruh Rakyat Indonesia akan mulai dilaksanakan sejak tanggal 1 Januari 2014 oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal ini disampaikan dalam Kegiatan Sosialisasi “ Menyonsong Pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial di Indonesia” yang diselenggarakan oleh Trade Union Care Center (TUCC) pada hari Kamis (27-06-2013) di Gedung Sultan II Selim Banda Aceh.

Pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial ini merupakan amanah dari UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan UU No.24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dalam pelaksanaannya kedepan, program Jaminan Kesehatan bersifat portabilitas yaitu berlaku disemua wilayah di Indonesia yang mencakup peserta Jamsostek, Askes, Jamkesmas akan dikelola lansung oleh BPJS Kesehatan sementara BPJS Ketenagakerjaan akan mengelola program Jaminan Kecelakaan Kerja, Kematian, Hari Tua dan Pensiun, mulai 1 Juli 2015.

Adapun narasumber kegiatan sosialisasi ini, Timboel Siregar dari Komite Aksi Jaminan Sosial (KAJS) di Jakarta serta Mansursyah dan Dahlia dari Jamsostek Cabang Banda Aceh. puluhan peserta yang hadir berasal dari perwakilan Serikat pekerja, Kantor Camat di Banda Aceh, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, PT. Askes, LSM dan wartawan.

Ada banyak persoalan menurut KAJS yang harus disikapi dn dibenahi oleh pemerintah pusat sehingga tidak menghambat implementasi Jaminan Kesehatan per 1 Januari 2014, diantaranya pemerintah harus segera membuat regulasi operasional (Perpres dan PP) menindaklanjuti amanah UU, kemudian regulasi yang dibuat harus mengakomodir kepentingan rakyat dan tidak diskriminatif, selanjutnya proses pembutan regulasi tekhnis tersebut harus transparan dan melibatkan stakeholder.

Maksud dan tujuan sosialisasi Ini adalah untuk mensikapi dan menyebarluaskan informasi kepada semua kalangan masyarakat dan pihak terkait tentang program jaminan sosial yang akan dilaksanakan mulai tahun 2014 dan 2015, sehingga dalam pelaksanaannya nanti masyarakat akan paham tentang mekanisme dan benefit dari jaminan sosial tersebut. (nrd/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>