Gubsu Pembicara Utama Kelompok Kerja Pengembangan SDM APEC

Medan | SNN – GUbernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho, ST mengusulkan Sumut dijadikan model penciptaan wirausaha muda melalui kerjasama antara dunia usaha dan dunia pendidikan. Hal itu diungkapkan GUbsu saat menjadi pembicara utama pada sidang Kelompok Kerja Pengembangan Sumberdaya Manusia (Resource Development Working Group (HRDWG) APEC , Hotel AryaDuta Medan, Sabtu (22-06-2013).

Dalam sambutannya di hadapan 22 perwakilan Negara APEC yang hadir, Gubsu mengusulkan forum dapat meyepakati hasil berupa The North Sumatera Actionplan atau Rencana Tindak Sumatera Utara sebagai tindak lanjut pengembangan kerjasama dunia pendidikan dan dunia usaha.

“Saya usulkan tindaklanjut ini menjadi rencana tindak Sumut atau The Norh Sumatera Action Plan sebagai arah dari rencana tindak pengembangan kerjasama dunia pendidikan dan dunia usaha untuk ciptakan wirausaha muda,” ujar Gubsu.

Gubsu melanjutkan Pemprovsu tidak hanya bersedia memfasilitasi dan merealisasikan rencana tindak tersebut, namun juga langsung mengambil inisiatif menjadikan Sumut sebagai model. “Saya undang para ekonomi anggota APEC untuk untuk merealisasikan The north sumatera action plan,” imbuhnya.

Dalam paparannya, Gubsu menjelaskan bahwa Pemprovsu akan menjadikan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah dan akademi komunitas sebagai sarana mempersiapkan wira usaha muda .

Dia mengharapkan adanya kerjasama sebagai fasiltasi bagi para wirausaha untuk dapat menimba ilmu praktis melalui kerjasama aggota ekonomi APEC . “Mari bersama merealisasikan rencana tersebut melalui skema mutual recognition,”ujarnya.

Gubsu mengusulkan sector perkebunan menjadi titik awal dari perwujudan rencana tindak dimaksud dengan pertimbangan sumberdaya alam dan sector perkebunan sudah tumbuh lebih dari 100 tahun di Sumut.

APEC merupakan forum kerjasama dari 21 ekonomi lingkar Samudera Pasifik, dibentuk pada Tahun 1989 di Canberra – Australia yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan di Asia Pasifik. Tema APEC Indonesia 2013 adalah “Resilient Asia-Pacific, Engine of Global Growth”. Pada ketuanrumahan APEC Indonesia Tahun 2013, akan dilaksanakan melalui beberapa pertemuan/proses utama, yaitu Informal Senior Official Meeting (iSOM) di Jakarta, Senior Official Meeting 1 di Jakarta, Senior Official Meeting 2 di Surabaya, Jawa Timur, Senior Official Meeting 3 di Medan, Sumatera Utara, Konferensi Tingkat Tinggi di Denpasar, Bali. SOM 3 APEC dilaksanakan di Medan – Sumatera Utara pada tanggal 22 Juni – 6 July 2013 yang dihadiri oleh perwakilan dari 21 ekonomi anggota APEC, yaitu Australia, Brunei Darussalam, Canada, Chili, China, Hongkong-China,Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia,Meksiko,New Zealand, Philipina, Peru, Papua New Guinea, Rusia, Singapura, China Taipei, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam.(torong/lanta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>