Sawaludin, Ciptakan Kamus Bahasa Gayo Online Pertama

1 image001

Takengon | SNN – Sawaludin, mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Universitas Gajah Putih Takengon yang kini duduk di semester IX, berhasil membuat kamus bahasa Gayo-Indonesia secara online. Kamus bahasa Indonesia dan Gayo–Indonesia ini bisa langsung digunakan dengan alamat situs, www.kamusgayo.com.

Menurut anak sulungpasangan Mustafa dan Zainab, yang lahir Tanggal 10 Maret 1989 di Wih Tenang Toa, Kecamatan Permata Bener Meriah ini, banyak sebab yang membuatnya berinisiatif membuat kamus Gayo.
Alasan tersebut antara lain,  baru ada google yang bisa menerjemahkan berbagai bahasa di dunia dengan Google Translatenya. “Setelah saya periksa, hanya google yang saya temukan yang bisa menerjemahkan bahasa.
Sementara bahasa daerah belum ada”, kata lelaki berpostur sedang yang tinggal di Panti Asuhan Budi Luhur Takengon.

Alasan lainnya, banyak orang yang bukan Gayo sering bertanya tentang bahasa Gayo yang dinilai sulit. “Kenapa saya tidak mencoba membuat kamus Gayo ”, tambah Sawaludin.

Berdasarkan tekad tersebut, mahasiswa tehnik informatika ini kemudian belajar  secara otodidak berbagai program pendukung untuk kamus tersebut. Hingga hampir tiga bulan, Sawaludin dibantu seorang temannya, Ismidridhaisma alias Aseng, berusaha mengumpulkan kosa kata Gayo.

Setelah merasa cukup, Sawaludin dengan biaya sendiri meluncurkan kamus Gayo tersebut. “Kamus ini belum sempurna. Tapi bagi pemula, sudah banyak kosa kata yang bisa diterjemahkan dari bahasa Indonesia– Gayo atau sebaliknya”, sebut Sawaludin.

Dijelaskan Sawaludin, kamus Gayo ini awalnya dibuat hanya perkata, kemudian per-kalimat hingga keterjemahan. “Kalimat yang berwarna merah, berarti kosa katanya belum saya masukkan. Sementara kata yang bergaris bawah, berarti ada dua makna atau lebih ”, rinci Sawaludin.

Kedepan Sawaludin berniat lebih menyempurnakan kamus Gayo nya hingga bisa dipakai seperti halnya Google Translate. Untukitu Sawaludin berharap dukungan moril dan dana dari siapapun yang peduli pada kesempurnaan kamusini.

Bukan saja kamus Gayo, Sawaludin masih menyimpan obsesinya menciptakan kamus lainnya, seperti kamus bahasa Aceh online, kamus bahasa Gayo Lues, kamus bahasa Alas. Dan sejumlah keinginan lainnya yang bisa diakses secara online. (Hamdani)

3 Responses to Sawaludin, Ciptakan Kamus Bahasa Gayo Online Pertama

  1. yudi says:

    membanggakan salutt akuu

  2. Itu Baru Generasi Gayo, Insya Allah Softwarenya Akan Di Rilis Bulan Ini ?
    Sukses Untuk Webnya Ya Gan. ^_^

  3. Qhisthi says:

    Salut saya…
    ke depannya kalau bisa,softwarenya bisa di download lewat play store untuk hp android ya..status kamusnya offline.jadi bisa di buka kapan aja & dimana aja..hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>