Gubsu Harapkan PRSU Dorong Perkembangan MICE Sumut

Medan | SNN – Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho,ST berharap ajang Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) dapat mendorong perkembangan wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) di Sumut. Beliau berharap PRSU dapat menjadi eksibisi andalan yang mampu menarik kunjungan wisatawan ke Sumut.
Hal itu dikatakannya saat membuka Pelaksanaan PRSU ke-42, Jumat (15-03-2013) malam di Jalan Gatot Subroto km 5 Medan. Hadir pada malam itu Ny Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, FKPD Provinsi dan kab/ kota, pimpinan dan anggot DPRD Provsu, Sekdaprovsu , Setia Usaha Datuk Fahrijan Darus dan istri. Konsul wakil prop Sumbar, Kepala SKPD Provsu dan kab kota, dewan pengawas PRSU, pelaku usaha dan undangan lainnya.
Gubsu mengharapkan pelaksanaan PRSU tahun ini dapat lebih baik dari tahun sebelumnya. “Ke depannya tentu kita ingin PRSU dapat menjadi sebuah eksibisi andalan yang mampu menarik kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga dapat mendorong pengembangan wisata MICE di Sumut,”katanya.
Dalam kesempatan itu Gubsu mengundang seluruh masyarakat Sumut agar dapat meluangkan waktu mengunjungi PRSU. Disamping itu, beliau juga menghimbau agar pemkab/ pemko yang belum memiliki paviliun di PRSU agar segera membangunnya.

Penekanan tombol sirene oleh Gubsu menandai dimulainya PRSU selama 32 hari ke depan hingga ditutup pada 15 April 2013. Acara pembukaan kemarin berlangsung meriah dan mendapat sambutan antusias dari masyarakat Sumatera Utara. Sebagai tuan rumah PRSU ke 42, Pemko Sibolga menyajikan berbagai tampilan seni dan budaya pesisisr yang memukai para pengunjung.

Sebelumnya, Gatot tiba di PRSU diawali dengan mengunjungi stan sibolga selaku tuan rumah pada acara pembukaan PRSU.
Gubsu dan istri kemudian dipakaikan baju kebesaran budaya khas pesisir dan diarak ke lokasi acara pembukaan. Turut mendampingi Walikota Sibolga H M Syarfi Hutauruk, Angota DPD RI Rahmad Syah dan pejalabt lainya  beberapa Paviliun  untuk melihat  dari dekat berbagai produk unggulan daerah.
Ketua Panitia Dr R Sabrinadalam laporannya mengucapkan terimakaih kepada Gubsu dan hadirin atas suksesnya acara tersebut. Menurutnya, PRSU 2013 adalah yang ke-42  dan sekaligus untuk memperingati hari jadi Provinsi Sumut ke -65.
“Tema Back To Culture dewasa untuk kembalikan jati diri bangsa,” ujarnya.
PRSU dilaksanakan selama 32 hari mulai 15 Maret – 15 April 2013 dan pesertanya dari pemrovsu ada 35 SKPD dan peserta dari 27 stand kabupatan dan kota Se-Sumut. Enam kabupaten/kota baru belum memiliki paviliun. Hadir pula peserta dari luar Sumut yakni Sumbar dan Luar Negeri yakni Pulau Pinang Malaysia.
“Setiap peserta menampilkan produk-produk unggulan masing-masing daerah,” ujarnya.
Sementra itu, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk mengucapkan terimakasi atas nama Pemko Sibolga dan penghargaan sebagai tuan rumah dalam pembukaan PRSU ke-42 ini.
“Mudah-mudahan kepercayaan yang kamai emban tidak mengecewakan dan kamai ucapkan selamat atas terpilihnya Pak Gatot sebagai pemenang Pilkada Sumut dengan raihan suara 33 persen,” katanya.
PRSU, lanjutnya, sebagai media promosi dan ajang eksplorasi potensi dan bisnis serta ekonomi kreatif yamenjebatani perdagangan barang dan jasa.
“Peningkatan keberagaman produk yang dipamerkan bukti keberhasilan PRSU,”katanya. (torong/ri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>