DPRK Nagan Raya Protes Keras Pemecatan Keuchik Jeuram

Nagan Raya | SNN – Sekretaris Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Nagan Raya, Ruslim  memerotes keras pemecatan M Yaman Firdaus dari jabatan Keuchik (kepala desa) Jeuram, Kecamatan Seunagan, oleh pimpinan daerah setempat. Pasalnya, jabatan yang dijabat oleh Keuchik tersebut akan habis masa jabatannya pada 2015 mendatang, setelah sebelumnya yang bersangkutan terpilih pada 2009 lalu sesuai dengan pemilihan yang diikuti oleh masyarakat di wilayah itu.

“DPRK Nagan Raya memerotes keras persoalan ini, pasalnya pemecatan Keuchik yang dilakukan pemkab sudah sangat meresahkan dan semena-mena,” kata Sekretaris Komisi A DPRK Nagan Raya Ruslim SH kepada wartawan, Rabu (06-03-2013).

Menurutnya, pemecatan secara sepihak oleh Pemkab Nagan Raya terhadap jabatan Keuchik di Jeuram Nomor: 141/04/SK/2013 Tanggal 13 Februari 2013 itu dinilai melanggar Qanun (Perda) Nomor 4 Tahun 2009 tentang tata cara pemilihan dan pemberhentian Keuchik gampong. Dimana dalam menghentikan jabatan tersebut harus ada persetujuan atau usulan dari tuha peut gampong, sebagai lembaga perwakilan yang ada di setiap gampong.

“Kami minta Pemkab Nagan Raya segera melakukan peninjauan ulang terhadap persoalan ini, karena jelas-jelas pemecatan Keuchik Jeuram ini sarat kepentingan politik dan melanggar aturan,” tegas Ruslim. (M Has)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>