BKD Provsu : Ridwan Panjaitan Bukan Sespri Plt Gubsu

Medan | SNN -  Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provsu Pandapotan Siregar menegaskan bahwa staf Pemprovsu bernama Ridwan Panjaitan bukanlah Asisten/Sekretaris Pribadi atau ajudan Plt Gubsu sebagaimana yang ramai diberitakan di media massa. Ridwan adalah staf Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (Bapemas) Provinsi Sumut yang diperbantukan di Bagian Portokol.
Hal itu disampaikan Kepala BKD menjawab pertanyaan wartawan di ruang kerjanya, Senin (04-02-2013). “Ridwan Panjaitan itu bukan Asisten Pribadi Plt Gubsu karena memang tidak ada istilah Aspri ataupun Sespri dalam struktur kepegawaian. Kalau pun yang dimaksud dalam pemberitaan media sebagai ajudan, itu juga tidak benar karena Ridwan juga bukan ajudan. Statusnya adalah Staf pada bagian Protokol,” ujar Pandapotan.
Pandapotan menjelaskan bahwa Ridwan sebenarnya sejak diangkat sebagai CPNS, Ridwan ditempatkan di Badan Pemberdayaan Masyarakat da Pemerintahan Desa Provinsi Sumut. Yang bersangkutan kemudian diperbantukan ke Bagian Humas Pimpinan, Keprotokolan dan Telekomunikasi. Dia mengatakan sudah mengkoordinasikan kepada Kepala Bapemas Provsu untuk mengembalikan Ridwan ke penempatannya semula.
“Karena memang secara administrasi, tidak tepat apabila Bappemas memperbantukan staf nya langsung ke Bagian  Humas Pimpinan, Keprotokolan dan Telekomunikasi yang ada dibawah Biro Umum. Idealnya melalui Biro Umum terlebih dahulu. Oleh karenanya kita sudah berkoordinasi dengan Kepala Bapemas untuk meluruskan administrasi kepegawaian yang bersangkutan,” ujar Pandapotan.
Menanggapi hal tersebut, saat dikonfirmasi wartawan Kepala Bappemas Salman Ginting mengakui  per tanggal 4 Februari 2013 bahwa Ridwan Panjaitan dikembalikan penugasannya sebagai staf Bapemas Provsu. Selain untuk meluruskan administrasi kepegawaian, Ridwan dipandang membutuhkan konsentrasi dalam menghadapi kasus hukumnya.
Sementara itu, menjawab pertanyaan wartawan usai melepas Kirab Pramuka di halaman Kantor Gubernur Sumut, senin (4/2), Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho, ST juga membantah kalau Ridwan Panjaitan merupakan asisten pribadi ataupun sekretaris pribadi (Sespri). Plt Gubsu juga menegaskan kalau pun yang dimaksud pemberitaan sespri sebagai ajudan, maka ajudan sebenarnya adalah Fuad Damanik dan Tengku Husairi.
“Ajudan saya saat ini ada dua yakni Fuad Damanik, dan satu lagi Tengku Husairi sebelumnya adalah Hedra Siregar,” jawab Gatot saat diwawancara wartawan mengenai status jabatan Ridwan Panjaitan. Saat ditanya apa sebenarnya posisi jabatan Ridwan Panjaitan, Plt Gubsu mengatakan bahwa Ridwan pernah sebagai staf pribadi sejak tahun 2008.
“Sebenarnya sejak dulu beliau adalah staf pribadi saya ketika proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2008. Setelah menjabat Wagub ataupun Plt Gubsu, ajudan saya adalah Hendra siregar Siregar dan saat ini adalah Fuad dan Husairi,” jawabnya.
Ridwan memang pernah beberapa tahun bertugas sebagai staf administrasi surat-menyurat di ruang Wakil Gubernur. Setelah kemudian diangkat menjadi CPNS, Ridwan ditempatkan sebagai staf Bapemas Provsu dan diperbantukan di bagian protokol.(lanta/torong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>