Peringatan Hari Pramuka ke-51 Tingkat Sumut Meriah

Rantau Prapat  | SNN – Ribuan anggota Pramuka Kwartir Daerah (Kwarcab) Sumatera Utara menggelar upacara  memperingati Hari Pramuka di Lapangan Ika Bina Rantau Prapat, kemarin. Pelaksana tugas Gubernur Sumatera (Plt Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST mengatakan, gerakan pramuka tetap relevan dengan perkembangan zaman.

“Walaupun era globalisasi penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. Untuk itu kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat. Bukan hanya manusia atau pemuda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga pemuda yang tangguh kepribadiannya, yang luhur budi pekertinya serta generasi muda yang rukun dan kompak bersatu. Karena pemuda demikianlah yang sanggup menghadapi berbagi persoalan di negeri ini dan sanggup untuk menatap masa depan yang lebih baik,” Kata Gatot saat membacakan sambutan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof Dr dr Azrul Azwar MPH pada Peringatan Hari Pramuka ke-51 Tahun 2012.

Menurut dia, revitalisasi gerakan ini menjadi salah satu pilar pendidikan bagi generasi muda Indonesia yang telah berjalan enam tahun.

Revitalisasi ini bertujuan untuk mengaktifkan kembali gugus depan sebagai ujung tombak gerakan Pramuka. Untuk memantapkan eksistensi gerakan pramuka sekaligus  meningkatkan fungsi gerakan pramuka  yang dalam enam tahun terakhir telah memperlihatkan hasil yang cukup menggembirakan.

Secara umum, ada tiga sasaran pokok revitalisasi gerakan pramuka yang dicanangkan oleh Presiden RI pada tahun 2006, yakni pertama memperkuat dasar hukum gerakan pramuka sebagai organiasasi pendidikan non formal di tanah air.

Penguatan dasar hukum ini telah berhasil dicapai seiring dengan telah terbitnya Undang Undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka.

Kedua, Pembaharuan sistem pendidikan kepramukaan sebagaimana telah beberapa kali dikemukakan, pembaharuan ini juga telah selesai dilaksanakan. Pada saat ini pendidikan kepramukaan telah memiliki kurikulum baru, konsep akreditasi gugus depan, serta sertifikasi dan lisensi para pembina juga telah berhasil disusun.

Dan yang Ketiga adalah kemandirian organisasi. berbeda dengan sasaran pertama dan kedua, sasaran ketiga ini masih memerlukan kerja keras. Pembiayaan yang dibutuhkan untuk menopang kegiatan pramuka memang sangat besar.

“Untuk itu sebagai yang telah diamanatkan Undang Undang nomor 12 tahun 2012 serta sesuai pula dengan tema hari pramuka ke-51 yakni Tingkatkan kemandirian gerakan Pramuka Untuk Keberhasilan Pembentukan karakter Kaum Muda, maka saya kiranya seluruh kwartir dapat mulai memikirkan dan berupaya untuk membentuk unit usaha sebagai sumber dana sendiri sebagai langkah untuk menjaga otonomi dan independensi organisasi gerakan pramuka,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Labuhan Batu dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD mengucapksn selamat datang kepada seluruh tamu, Ketua Mabida mabicab, Pimpinan Kwarda, Kwarcab, serta kakak pelatih dan terkhusus kepada bapak Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST bersama Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho.

“Kehadiran bapak telah memotivasi kami untuk melakukan yang terbaik guna memajukan kabupaten Labuhan Batu semoga bapak betah selama di Rantau Prapat dan kami doakan selamat kembali lagi ke Medan dalam keadaan sehat walafiat,” ujarnya.

Ketua panitia Ahmad Muflih menyampaikan bahwa Kabupaten Labuhan Batu telah telah dua kali menerima kepercayaan sebagai tuan rumah peringatan hari Pramuka . Dimana sebelumnya pada tahun 1983. Tentunya hal ini merupakan kebanggaan sekaligus tantangan.

“Acara HUT ini di samping sarana peningkatan semangat kaum muda melalui ini juga dimaksudkan sebagai wahana silaturahmi dan komunikasi baik antara majelis pembimbing daerah, majelis pembimbing cabang kwartir daerah kwartir cabang serta pengurus dan anggota pramuka se-sumut,” kata Ahmad.

Peringatan Hari Pramuka tersebut juga diwarnai berbagai atraksi seperti pertunjukan alat musik angklung serta kesenian yang ditampilkan para pelajar Se-Kabupaten Labuhan Batu. Pada Kesempatan itu Ketua Kwarda Sumut H Gatot Pujo Nugroho ST serta para ketua kwarcab se-Sumut memainkan angklung yang dipandu oleh salah seorang pramuka. Hadir Walikota Medan, Wakil walikota Medan, Bupati Labura, dan bupati serta walikota se-Sumut sekaligus penyerahan satya lencana melati.  (torong/ri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>