Pemkab Sergai Dukung Jurnalis Semakin Berkompeten Dan Inovatif

Sei Rampah | SNN -Kemitraan pemerintah daerah dengan media dan pekerja media seperti wartawan merupakan hubungan yang saling ketergantungan dimana media dengan fungsi informasinya mendukung masyarakat untuk lebih kritis dan informatif. Untuk itu dibutuhkan jurnalis daerah yang kreatif dan berkompetensi demi mewujudkan sebuah dinamika pemberitaan yang mendorong partisipasi masyarakat untuk menstimulasi pemerintah untuk berkarya semakin baik di era informasi digital saat ini.

Bukan hanya jurnalis saja yang dituntut untuk kreatif dan inovatif, namun legalitas media juga memegang peranan penting dalam hal konten berita sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Legalitas yang dimaksud didapat melalui verifikasi media sebagaimana yang dimaksudkan oleh Dewan Pers, dimana media tersebut harus mempunyai payung hukum yang jelas dalam melaksanakan kegiatan pemberitaannya.

Demikian disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Pelatihan dan Pengingkatan SDM bagi Wartawan Unit Pemkab Sergai Tahun 2017 bertempat di Aula Cendana Hotel GranDhika Medan, Selasa (07-11-2017) malam.

Hadir dalam acara Pembukaan Pelatihan tersebut, Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, M.Si, Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ikhsan, AP beserta jajaran serta seratusan Wartawan unit Pemkab Sergai dari media cetak, online dan elektronik.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa untuk menjadikan Kabupaten Sergai sebagai daerah yang inovatif, unggul dan berkelanjutan dibutuhkan dukungan para jurnalis yang profesional dalam melakukan tugas-tugas jurnalistiknya. Melalui kegiatan pembekalan dan pelatihan semacam ini, Pemkab Sergai menunjukkan keseriusan dalam mendukung para jurnalis dalam melaksanakan fungsinya sebagai sosial kontrol di masyarakat.

Disampaikan Bupati Soekirman, tahun depan Pemkab Sergai melalui Dinas Kominfo sudah memprogramkan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) dan Ujian Kompetensi Jurnalis (UKJ) bagi wartawan Unit Pemkab Sergai. Untuk itu, dihimbau kepada seluruh jurnalis agar mempersiapkan diri dan membekali dengan segala hal yang dibutuhkan untuk mendapatkan predikat sebagai jurnalis yang bersertifikat kompetensi.
Sebelumnya Kadis Kominfo Sergai Ikhsan, AP melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya dalam menambah pengetahuan dan pemahaman kepada seluruh peserta tentang wawasan dan pengetuan di bidang jurnalistik, memberikan pemahaman kepada wartawan unit Pemkab Sergai agar menyampaikan informasi akurat dan faktual.

Pelatihan ini sebanyak 120 orang yang terdiri dari Wartawan Media Harian, Mingguan, Media Online dan Elektronik. Narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan yang diselenggarakan selama 4 hari ini mulai tanggal 7 s/d 10 Nopember 2017 ini berasal dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, Aliansi Jurnalis Independet (AJI) Medan, dari Akademisi USU dan dari Aparat Penegak Hukum (APH) Kejaksaan Negeri Sergai, kata Ikhsan,AP. (torong/zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *