Bupati Soekirman Hadiri Pelantikan 85 Anggota PPK Pilgubsu Tahun 2018

Sei Rampah | SNN – Bupati Ir. H. Soekirman, Selasa (07-11-2017) menghadiri acara Pelantikan 85 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) untuk Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) Tahun 2018 bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.

Selain Bupati Sergai Ir. H. Soekirman hadir juga Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Wakapolres Sergai Kompol Edi Bona Sinaga, SH, Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provsu DR. Iskandar Zulkarnain, Ketua KPUD Sergai Ir. Muhammad Rizwan, MP beserta Komisioner, Plt. Sekretaris KPUD Sergai Iskandar Zulkifli, perwakilan Kajari Sergai, perwakilan Dandim 0204/DS, perwakilan Polresta Tebing Tinggi, OPD, serta 85 anggota PPK dalam Pilgubsu Tahun 2018.

Mengawali sambutannya Bupati Sergai menyampaikan bahwa Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjelaskan bahwa Pemilihan Gubernur adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di Provinsi untuk memilih Gubernur secara langsung dan demokratis, yaitu dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya dengan aman, tertib dan lancar.

Dikatakan Bupati, guna mendukung hal tersebut tentu membutuhkan peran serta dari semua pihak, secara khusus KPU sebagai penyelenggara. Sebagai bagian dari penyelenggara Pilgubsu di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat diharapkan setiap calon anggota PPK dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya serta tetap menjunjung tinggi kejujuran, integritas dan profesionalisme, paparnya.

Oleh karenanya Bupati meminta kerjasama yang baik antara KPU dengan pemerintah daerah agar dapat semakin pendukung suksesnya pelaksanaan Pilgubsu yang ditandai dengan tingginya tingkat partisipasi pemilih. Sementara untuk para pimpinan yang terpilih nanti dapat dilihat indikatornya dari semakin banyak orang yang mendukung maka semakin banyak pula program-program pembangunan yang dijalankan. “Mari sukseskan Pilkada 2018 dengan Tri Sukses yaitu sukses administrasi, sukses program dengan banyaknya pemilih, serta sukses pertanggung jawaban, pungkas Bupati Soekirman.

Sementara itu Bagian Hukum KPU Provsu DR Iskandar Zulkarnain memberikan ucapan selamat kepada PPK yang baru dilantik dan mengatakan bahwa kita selaku pelaksana pemilu adalah pelayan masyarakat terlebih yang telah memiliki hak pilih. Tugas yang akan dilaksanakan oleh PPK yang dimulai hari ini adalah antara lain bertugas membantu KPU Provsu dan Kabupaten/Kota dalam hal pemutakhiran data pemilih serta melaksanakan proses pemilihan umum dengan sebaik-baiknya yang termasuk pada 18 tugas pokok PPK yang dilaksanakan dengan integritas, jujur dan profesional.

Suksesnya PPK yang dilantik hari ini ditentukan pada 26 Juli 2018 tepatnya pada gelaran Pilgubsu mendatang. Sebagai penyelenggara Pemilu diharapkan PPK dapat membantu meningkatkan partisipasi pemilih dengan sebanyak-banyaknya agar sadar Pemilu dimulai dari keluarga terdekat, karena satu suara akan sangat menentukan masa depan daerah bahkan negara. Selain itu dapat bekerja secara profesional, berintegrasi, jujur, tidak memihak dan benar-benar menjadi pelayan masyarakat yang telah memiliki hak pilih, ujarnya.

Sebelumnya Ketua KPU Sergai Ir. Muhammad Rizwan, MP dalam sambutannya mengatakan KPU Sergai telah menjalankan tahapan-tahapan dalam penetapan anggota PPK dan PPS se-Kabupaten Sergai sesuai Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 serta Peraturan KPU Provsu Nomor : 86/HK.031-Ktp/Prov/VIII/2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018 mulai dari penyebarluasan pengumuman tentang perekrutan PPK dan PPS melalui media massa dan media elektronik.

Dari berbagai tahapan selanjutnya yaitu seleksi administrasi, tes tertulis hingga wawancara. Sedangkan jumlah PPK se-Kabupaten Sergai yang dilantik hari ini untuk pelaksanaan Pilgubsu 2018 adalah 85 orang dengan perincian 68 laki-laki dan 17 perempuan, tutupnya.(torong/zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *