KPU Sumut : Launching Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Sumut

Medan | SNN – Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) resmi melaunching Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara di Tiara Convention Center Jl. Imam Bonjol, Medan, Minggu (08-10-2017) sekira pukul 20.00 Wib.

Acara pembukaan tersebut dimulai saat Rombongan Gubsu HT Erry hadir dan disambut dengan Gondang Sambilan, alat musik khas Batak Toba. Seyogyanya acara seharusnya dimulai pukul 19.00 wib tersebut sempat molor dan akhirnya dimulai pukul 20.00 Wib setelah kedatangan orang nomor satu di Sumatera Utara tersebut.

Mengawali pembukaan acara, Sekretaris KPU Propinsi Sumatra Utara, Dr Abdul Razak mengatakan maksud dan tujuan digelarnya acara tersebut Untuk meningkatkan partisipasi pemilihan Gubsu dan Wagubsu Tahun 2018. Dengan tema yang diambil “Ayo Memilih, Suaramu untuk Sumatera Utara”.

Sementara Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Gubsu yang telah menggelontorkan dana hibah untuk kegiatan Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) senilai Rp855 miliar.

Mulia mengatakan Dana hibah sebesar Rp350 miliar telah diterima pihaknya sedangkan dan sisanya sebesar Rp500 miliar lagi akan dikucurkan pada bulan Maret 2018.

Mulia Banurea berjanji akan memberikan laporan penggunaan anggaran yang transparan dan akuntabel agar laporan KPU Sumut yang sebelumnya mendapat penilaian WDP menjadi WTP.

Terkait untuk jumlah pemilih dari jalur perseorangan (Independen,red), Mulia mengatakan KPU Sumut telah menetapkan bahwa calon perseorangan harus mampu meraih 765.048 pemilih dari jumlah pemilih keseluruhan sebesar 10.200.629 pemilih. Dan pada bulan Februari 2018, KPU akan menetapkan pasangan calon Gubsu dan Wagubsu dan kemudian akan digelar kampanye.

Gubsu HT Erry mengatakan di Provinsi Sumatera Utara akan dilaksanakan Pilkada setentak di 8 kabupaten kota. Masalah sengketa Pilkada nantinya hendaknya diselesaikan secara hukum bukan dengan kekuatan massa. Oleh karena itu, pasangan Gubsu dan Wagubsu harus disiapkan sebaik mungkin agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan dapat diterima masyarakat.

Tampak hadir pada acara ini yakni, Gubsu T Erry Nuradi, Pangdam I B/B Mayjen Cucu Sumantri, Dir Intel Poldasu Kombes Yudi mewakili Kapoldasu, Ketua KPU RI Arif Budiman, Ketua KPU Provsu, Mulia Banuarea dan seluruh Komisioner KPU.

Turut hadir para Bupati/Walikota, Tokoh masyarakat dan Perwakilan Partai Politik beserta Pimpinan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah Provsu ,mantan Komisioner KPU Sumut.(arjuna/zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *