Pemko Medan Apresiasi Peluncuran Bantu Permudah Pedagang Transaksi -->

Pemko Medan Apresiasi Peluncuran Bantu Permudah Pedagang Transaksi

Jumat, 13 Maret 2020

Medan | SNN - Pemko  Medan   sangat mengapresiasi dan menyambut baik dengan diterapkannya Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) dalam melakukan transaksi bagi para pedagang. 

Sebab, QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi yang dilakukan lebih mudah, cepat serta terjaga keamanannya.

Apresiasi disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan  Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kota Medan Khairul Syahnan ketika  menghadiri pembukaan Pekan Sosialisasi QRIS Nasional tahun 2020 di Pasar Petisah Medan, Kamis (12-03-2020). 

"Kita berharap sosialisasi ini dapat berjalan lancar sehingga para pedagang mengetahui tentang QRIS dan manfaat yang diperoleh. Dengan demikian para pedagang di Pasar Petisah ini dapat menggunakan QRIS dalam melakukan transaksi. Selain mempermudah transaksi, tentunya kita harapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Medan,” kata Syahnan.

Sementara itu menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara Wiwiek Sisto Widayat, sosialisasi QRIS yang dilakukan siang itu dilakukan serentak secara nasional di 46 Kantor Perwakilan BI di seluruh Indonesia. Dijelaskan Wiwik, QRIS merupakan program dari BI berupa alat pembayaran secara elektronik yang terstandarisasi.

 "Perkembangan alat pembayaran kian semakin canggih karena itu kami meluncurkan QRIS untuk memberikan kemudahan bagi pedagang dalam melakukan pembayaran. Adapun keuntungan menggunakan QRIS, selain sangat aman  karena ditransaksikan secara online di semua dompet digital, juga  dapat meningkatkan omset penjualan serta sifatnya universal,” jelas Wiwiek.(torong/fit)