Plt Walikota Medan Buka MTQ Ke 53 Tingkat Kota Medan 2020 -->

Plt Walikota Medan Buka MTQ Ke 53 Tingkat Kota Medan 2020

Minggu, 16 Februari 2020

Medan | SNN - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 Tingkat Kota Medan Tahun  2020 di Jalan Ngumban Surbakti, Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, Sabtu (15-02-2020) malam. 

Akhyar berharap MTQ tahun ini menjadi MTQ terbaik dari yang pernah digelar selama ini, sehingga akan bisa memberikan kenangan terindah bagi seluruh delegasi yang hadir pada event  ini.

Akhyar mengatakan, apabila MTQ ini sukses dilaksanakan, insya Allah akan diperoleh dua kebaikan yakni kebaikan dunia dan akhirat kelak. Oleh karenanya Akhyar berharap agar pelaksanaan MTQ dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya, sehingga Kota Medan menjadi kota yang maju secara lahir, batin dan spritual.

Selanjutnya Akhyar mengajak semua untuk terus mendidik generasi mudah Islam agar mau dan mampu membaca Al Qur'an dengan benar, serta memahami makna yang terkandung dalam Ai Qur'an.

"Untuk itu kegiatan MTQ ini harus terus kita laksanakan demi memastikan generasi muda Muslim Kota Medan akan senantiasa dekat dengan Al Qur'an," kata Akhyar.

Asisten Pemerintahan Setdako Kota Medan Musadad Nasution dalam.laporannya menjelaskan, MTQ akan berlangsung selama sepekan mulai 15-22 Februari mendatang yang diikuti 810 orang peserta berasal dari utusan dari kecamatan se-Kota Medan. Kemudian ditambah   utusan dari Madrasah Aliyah Negeri dan swasta, khusus cabang Fahmil Quran dan Syarhil Qur'an.

Ada 8 cabang yang dimusabaqahkan yakni Cabag Seni Baca Al Qur'an (putra/putri) dengan peserta sebanyak 262 orang, Hafalan Al Qur'an (putra/i) sebanyak 171 peserta, Fahmil Qur'an diikuti 36 regu atau 105 peserta, Syarhil Qur'an diikuti 31 regu atau 99 orang, Kaligrafi Al Quran (putra/i) sebanyak 79 peserta, Tafsir Al Qur'an (putra/i) sebanyak 56 peserta dan Karya Tulis Ilmiah (putra/i) sebanyak 32 peserta.(torong/fit)