Pemko Medan Serahkan Sertifikat Organik Kepada P4S Tani Kreatif -->

Pemko Medan Serahkan Sertifikat Organik Kepada P4S Tani Kreatif

Jumat, 17 Januari 2020


Medan | SNN - Pemko Medan menyerahkan Sertifikat Organik Tahun Anggaran 2019 Kota Medan kepada Pengurus Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Tani Kreatif Kecamatan Medan Johor di Jalan Eka Rasmi Gang Eka Rosa Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor, Kamis (16-01-2020).

Penyerahan sertifikat ini dilakukan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan Ikhsar Rasyid Marbun. Diharapkan kelompok tani kreatif P4S dapat terus semangat menanam tanaman organik dan dengan adanya sertifikat ini masyarakat yakin dan percaya untuk membeli tanaman ditempat tersebut.

Adapun tanaman yang ditanam ditempat tersebut sebanyak 82 jenis tanaman organik diantaranya tanaman daun mint, sawi, sawi pakcoy, kangkung, tomat cerry, kemangi, kenikir, kacang parang, labu kendi, labu palestin, gundur, jeruk nipis, daun ubi, daun katu dan lain-lain.

"Seperti yang kita ketahui, harga produk pangan organik telatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk-produk pangan yang dibudayakan menggunakan teknik pertanian non organik," harapnya.

Selanjutnya fasilitasi sertifikasi organik bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saiang produk organik. "Menyikapi hal tersebut, Pemko Medan memberikan bantuan fasilitasi proses sertifikasi organik kepada kelompok tani yang ada di Kota Medan,harapnya.

"Semoga bantuan sertifikat organik ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga bermanfaat baik bagi kelompok tani penerima sertifikat organik maupun warga Kota Medan," harapnya.

Sebelumnya dalam laporannya Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Gordon Angkasa Raya Situmorang mengatakan Pemko Medan telah membantu memfasilitasi proses sertifikasi organik kepada kelompok tani maupun P4S  hal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemko Medan kepada kelompok tani ataupun P4S yang ada di Kota Medan.

"P4S tani kreatif memiliki 2 lahan pertanian yang ditanami secara organik yakni di Jalan Eka Rasmi gang Eka Rosa II dan di Taman Cadika Jalan Karya Wisata dengan luas 3 Ha," jelas Gordon.(torong/fit)