Pastikan Malam Tahun Baru Kondusif,Gubernur Ajak Forkopimda Pantau Rumah Ibadah Dan Pos Pengamanan

Advertisement

Pastikan Malam Tahun Baru Kondusif,Gubernur Ajak Forkopimda Pantau Rumah Ibadah Dan Pos Pengamanan

Selasa, 31 Desember 2019


Medan | SNN - Memastikan malam Tahun Baru 2020 aman dan kondusif, serta pelaksanaan ibadah berlangsung khidmat, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak unsur Forkopimda Sumut untuk memantau beberapa gereja dan pos-pos pengamanan, Selasa (31-12-2019) malam.

Turut serta di antaranya Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah, Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/ Bukit Barisan Mayor Jenderal M Sabrar Fadhilah, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Wakil Kapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Kajati Sumut Amir Yanto, Panglima Kosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Djohn Amarul, Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, Kabinda Sumut Brigjen TNI Ruruh Setyawibawa, Laksamana Pertama Abdul Rosyid Pimpin Danlantamal I Belawan, dan OPD Pemprov Sumut.

Kegiatan pemantauan diawali dengan acara ramah tamah terlebih dahulu di Rumah Dinas Gubernur. Kemudian, berangkat bersama dengan menaiki bus. Seluruh unsur Forkopimda tampak akrab, selama di perjalanan mereka tampak saling bercengkerama.

Salah satu rumah ibadah atau gereja yang dikunjungi yakni GBKP Jalan Sei Batang Serangan Medan, yang merupakan gereja tempat ibadah Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting. Kehadiran Gubernur, Wagub, dan unsur Forkopimda disambut oleh para pendeta dan jemaat.

Ketua Badan Pekerja Majelis Runggun (BPMR) GBKP Sei Batang Serangan Pertua Denny Purba mengucapkan sambutan selamat datang dan apresiasi. Dirinya mengaku bangga dan merasakan kedamaian melihat kekompakan dan kebersamaan Forkopimda Sumut.

"Mewakili jemaat, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur dan rombongan Forkopimda. Suatu kebanggan bagi kami dikunjungi, menambah rasa nyaman dan kekhidmatan rasanya bagi kami beribadah dan menyambut Tahun Baru," tuturnya.

Ephorus Pendeta Bonar Napitupulu juga menyampaikan pujian yang sama di HKBP Medan Jalan Sudirman Nomor 17 Medan. "Pemimpin-pemimpin seperti ini lah yang kami butuhkan di Sumut, yang peduli dengan semua umat. Terima kasih Bapak Gubernur dan rombongan Forkopimda," ucapnya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi selaku Pemerintah Provinsi Sumut menyampaikan selamat dan tahun baru di gereja-gereja yang ia kunjungi. Ia menginformasikan bahwa dirinya mengajak seluruh unsur Forkopimda untuk memantau kondisi jalanan dan rumah ibadah. "Ada tiga gereja yang sudah saya kunjungi, semua aktivitas ibadah lancar dan jalanan juga kondusif," kata Edy Rahmayadi.

Edy mengajak malam Tahun Baru dijadikan momentum untuk refleksi, ibadah dan berdoa. Kehadiran tahun baru, katanya, harus memberikan perubahan yang lebih baik untuk pribadi masing-masing. "Jangan lupa doakan Sumut. Senantiasa aman dan damai kita di sini, Kita semua sama-sama makhluk tuhan, kita jaga kerukunan umat beragama yang telah lama terjalin di Sumut," pesan Gubernur.

Adapun rumah ibadah lainnya yang dikunjungi yakni Gedung Alfa Omega, Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat ( GPIB), Jalan Diponegoro, Kota Medan. Jalanan dan pos-pos pengamanan yang dilintasi yakni Jalan Sudirman, Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan Iskandar Muda, Jalan Gajah Mada, Jalan Sei Batang Serangan, Jalan S Parman, Jalan Diponegoro, Jalan Teuku Daud, Jalan Imam Bonjol, Jalan Letjen Suprapto, Jalan Pemuda, Jalan Palang Merah.(torong/zul)