Tahun 2020 Dinas Pendidikan Nisel Buat Program Baru Pendidikan 9 Tahun -->

Tahun 2020 Dinas Pendidikan Nisel Buat Program Baru Pendidikan 9 Tahun

Kamis, 14 November 2019


Nias Selatan | SNN - Dinas Pendidikan menambahkan 4 mata pelajaran muatan lokal baru tentang Budaya Nias Selatan bertujuan untuk menanamkan serta membangkitkan nilai-nilai budaya Nias Selatan agar masyarakat Nisel sadar dan selalu melestarikan budayanya apalagi Nias Selatan merupakan daerah tujuan wisata.

Hal ini dikatakan Kadis Pendidikan Nisel, Nurhayati Telaumbanua didampingi, Kabid PTK Yasatulo Lase, Kasubbag Pembantuan Disdik, Yaman Telaumbanua kepada wartawan, di Ruang Media Center DPRD, Rabu, (13-11-2019) saat memaparkan program untuk Tahun 2020 yang telah disepakati oleh Komisi I DPRD Nisel.

Ia menjelaskan, ada 4 mata pelajaran muatan lokal tersebut yakni, Bahasa Daerah Nias Selatan, Permainan Rakyat, Keseragaman pemakaian baju batik corak Nisel mulai dari siswa hingga guru dan pembelajaran membuat anyaman lokal bola-bola nafo (tempat sirih).

Disamping itu, Pemkab Nisel terus melanjutkan program pembebasan biaya pendidikan baik di luar daerah maupun dalam daerah. Bahkan, mahasiswa Nisel yang lulus seleksi di perguruan tinggi negeri tahun ini juga dibiayai oleh Pemerintah daerah.

Penerimaan beasiswa utusan daerah dilakukan dengan cara seleksi yang dilakukan oleh perguruan tinggi yang dituju, membuat proposal. Lalu, perguruan tinggi yang dituju juga terakreditasi B dan bagi mahasiswa wajib mendapatkan IP setelah menjalani kuliah sebesar 2,75.

“Besaran anggaran Dinas Pendidikan untuk Tahun 2020 yaitu Rp.53 miliar. Sedangkan DAK Fisik SD dan SMP sebesar Rp.44 miliar,” paparnya.

Dari besaran anggaran tersebut juga, sambung dia, termasuk didalamnya program peningkatan sumber daya manusia dan beberapa kegiatan lainnya.

Hadir saat itu, Ketua Komisi I DPRD Nisel, Memoris Fau, Wakil Ketua Komisi, Aldika Wau, Sekretaris Komisi, Biv. Tinanda Limbong, Sekwan Nisel, Firman Giawa. (MESIANA BUULOLO/torong)