Plt Wali Kota Akhyar Harap Melalui Temu Ilmiah Dapat Mengatasi Permasalahan Lingkungan

Advertisement

Plt Wali Kota Akhyar Harap Melalui Temu Ilmiah Dapat Mengatasi Permasalahan Lingkungan

Jumat, 01 November 2019


Medan | SNN - Fenomena terkini menunjukkan bahwa makin banyak penelitian lintas disiplin ilmu dilaksanakan untuk bisa memecahkan suatu masalah. Kerjasama lintas disiplin ini makin menunjukkan bahwa baik bidang eksakta maupun non-eksakta masing-masing punya kelebihan dan tentunya juga punya kekurangan dalam memandang suatu masalah. Justru dengan kolaborasilah baru akan didapatkan hasil yang maksimal untuk membangun Indonesia. Pembangunan yang berbasis hasil penelitian tentunya akan membuahkan hasil yang jauh lebih baik menuju Indonesia yang lebih sejahtera dan berdaya saing.

Hal ini disampaikan Plt Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution Msi saat menjamu makan malam para peserta Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) ke VIII Tahun 2019 di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Jumat (01-11-2019) malam. Turut hadir diantaranya Ketua Panitia Temu Ilmiah Nasional VIII IPLBI Dr Ir Dwi Lindarto MT, Ketua Departemen Arsitektur USU Dr Dwira Aulia, serta Ketua Prodi Magister Teknik Arsitektur dan Prodi Doktor Ilmu Arsitekur dan Perkotaan Dr Nurlisa Ginting.

“Sepanjang hari ini kita bersama telah melaksanakan kegiatan seminar nasional tentang beragam masalah lingkungan yang terjadi di tanah air. Kegiatan malam ini merupakan hasil kerjasama simbiosis mutualisme antara Pemko Medan dengan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara dan IPLBI serta para birokrat, ilmuwan, peneliti dan akademisi yang memiliki kepakaran di berbagai area dari dalam negeri,” kata Plt Wali Kota.

Dikatakan Plt Wali Kota, bumi yang terdiri dari tanah, air dan udara merupakan anugerah yang maha kuasa untuk seluruh makhluk hidup. Semua anugerah tersebut harus dijaga, dilindungi dan dipelihara agar mampu memberikan manfaat terbaik bagi para penghuni planet ini. Oleh karena itu, secara langsung ataupun tidak langsung, seminar nasional hari ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga bumi agar tetap lestari. Masalah lingkungan ini adalah salah satu dari sekian banyak hal yang membuat bumi ini semakin rusak dan merana.

“Kita tentu tidak ingin kota-kota yang ada di tanah air mengalami kerusakan lingkungan. Atas nama Pemko Medan, kami mengapresiasi seminar nasional yang dilaksanakan sedari pagi tadi. Saya berharap, akan muncul ide-ide revolusioner yang bisa kita aplikasikan untuk mengatasi masalah lingkungan di negara ini, sehingga kita akan dengan bangga menyebut “Ini Indonesia, Rumah Kita Semua”,” harap Plt Wali Kota.

Sementara itu, Ketua IPLBI Cynthia Wuisang mengungkapkan seluruh peserta merasa sangat terhormat atas jamuan makan malam yang digelar Plt Wali Kota Medan, sebab sejak pertama kali Temu Ilmiah ini belum pernah peserta dijamu dengan gala dinner yang sangat ekslusif ini.(torong/fit)