Wali Kota Tebing Tinggi Minta ANTARA Terdepan Menangkal Hoaks

Advertisement

Wali Kota Tebing Tinggi Minta ANTARA Terdepan Menangkal Hoaks

Senin, 21 Oktober 2019


Tebing Tinggi | SNN - Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan meminta LKBN ANTARA menjadi garda terdepan dalam menangkal berbagai bentuk hoaks yang memang belakangan ini sudah sangat mengganggu dan bisa memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memerangi hoaks dan khususnya kepada LKBN ANTARA kami sangat mengharapkan menjadi ujung tombak untuk menjadi penangkalnya dengan berita-berita yang mencerdaskan," katanya di Tebing Tinggi, Senin (21-10-2019), saat menerima kunjungan Kepala ANTARA Biro Sumatera Utara Riza Mulyadi berserta sejumlah staf.

Ia mengatakan, LKBN ANTARA sebagai lembaga pemberitaan milik negara sudah seharusnya menjadi pioner dan contoh bagi semua pihak yang berkaitan dengan pemberitaan, dengan lebih mengedepankan pemberitaan yang mendidik, mencerahkan dan memberdayakan.

Selain itu LKBN ANTARA juga harus mampu menjadi yang tercepat dalam menyuguhkan suatu pemberitaan terutama yang berkaitan dengan program pembangunan sehingga tetap menjadi acuan bagi media-media lain.

Kecepatan berita juga dinilainya sangat penting, sehingga masyarakat langsung tahu apa yang sedang terjadi pada suatu daerah."Kecepatan sangat penting dalam upaya membangun opini yang benar di masyarakat. Artinya opini yang terbentuk tersebut sangat ditentukan oleh informasi yang pertama didapat oleh masyarakat. Nah ini harus mampu terus diperankan oleh LKBN ANTARA," katanya.

Misalnya, lanjut dia, peristiwa penangkapan bandar narkotika yang pernah dilakukan di Tebing Tinggi yang sudah menjadi daerah transit peredaran barang haram tersebut.

Seharusnya media memberitakan keberhasilan pemberantasan dan berbagai upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah daerah setempat, polisi maupun BNN menyusul semakin maraknya peredaram narkoba.

"Beritakanlah berbagai program pemberantasan narkoba. Jangan dibuat Tebing Tinggi darurat narkoba. Media juga menjadi garda terdepan dalam upaya memberantas peredaran narkoba dengan pemberitaan-pemberitaan yang mengedukasi masyarakat akan bahaya narkoba," katanya.

Sementara Kepala LKBN ANTARA Biro Sumut Riza Mulyadi menyampaikan apresiasi atas berbagai kerja sama yang selama ini sudah terbangun antara pihaknya dengan Pemkot Tebing Tinggi.

"Kami sangat mengapresiasi atas kerja sama yang selama ini sudah terbangun, dan ke depan tentunya sangat kita harapkan bisa terus ditingkatkan baik dalam hal pemberitaan maupun berbagai pelatihan yang terkait jurnalistik maupun kehumasan," katanya.(fit)