UMSU Ajak IPG Kampus Ipoh Siapkan Digitalisasi Pendidikan

Advertisement

UMSU Ajak IPG Kampus Ipoh Siapkan Digitalisasi Pendidikan

Kamis, 10 Oktober 2019

Medan | SNN - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Institut Pendidikan Guru Kampus ( IPGK) Ipoh, Negeri Perak, Malaysia menggelar Kolokium di Kampus Pascasarjana UMSU, Kamis sore (10-10-2019).

Kolokium yang diikuti Pimpinan Program Studi Pascasarjana dan Pimpinan Fakutas dilingkungan UMSU mengambil tema “ Memenuhi Tuntutan Pendidikan Berdasarkan Revolusi Industri 4.0”. Kedepan pendidikan konvensional akan ditinggalkan bersama hadirnya teknologi informasi yang mampu memberikan banyak kemudahan dalam proses mengajar dan belajar.

Rektor UMSU Dr. Agussani MAP kepada peserta Kolokium itu menegaskan pembelajaran jarak jauh antara Medan dan Ipoh sudah bukan menjadi sesuatu yang asing karena sudah dengan mudah dapat dilakukan.

Untuk itu, kerjasama antara UMSU dan IPGK Ipoh diharapkan dapat menjadi kerjasama yang konkrit. Apalagi antar dua negara serumpun memiliki banyak persamaan budaya.

Hal yang sama disampaikan Ketua Pengarah Institut Pendidikan Guru IPOH Dr. Yahya bin Osman mengatakan kedekatan budaya antara Indonesia – Malaysia ( Ipoh dan Medan) menjadi kekuatan yang tidak bisa dinafikan dalam membangun kerjasama antara dua isntitusi lembaga pendidikan itu.

IPG Kampus Ipoh adalah lembaga pendidikan bagi calon guru di Malaysia yang berpusat di Cyberjaya kini terus mengalami perkembangan baik ketersediaan tenaga pendidikan mau pun prasarana pendidikan.

Kata, Yahya bin Osman, kunjungan rombongan IPGK Ipoh ke UMSU adaalah upaya untuk mendapatkan kisah sukses UMSU sebagai salah satu perguruan tinggi milik Muhammadiyah yang berhasil meraih akreditasi A dari pemerintah.

IPG Kampus Ipoh ingin mendapatkan informasi dari berbagai keunggulan yang dimiliki UMSU dalam mengembangkan pendidikan di Sumatera Utara.

Lebih jauh Yahya menjelaskan perkembangan kampus yang mendidikan calon guru di negara bagian Negeri Perak itu.

Penjelasan disampaikan oleh Zulkufli bin Mayudin mulai dari awal proses pendirian hinggan pengembangan kampus di Negeri Perak, Ipoh.

Menutup Kolokium UMSU – IPG Kampus Ipoh ditandai dengan pertukaran cinderamata antar dua pimpinan institusi pendudikan dari dua negari serumpun itu.(torong/fit)