Plt Wali Kota Ajak Masyarakat Kota Medan Meriahkan Gemes -->

Plt Wali Kota Ajak Masyarakat Kota Medan Meriahkan Gemes

Rabu, 30 Oktober 2019

Medan | SNN - Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak seluruh masyarakat Kota Medan untuk ikut memeriahkan Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2019 yang di gelar pada tanggal 1 - 3 November di Halaman Istana Maimun. Event ini juga akan dimeriahkan dengan pagelaran tarian kolosal melayu dan pagelaran kesenian budaya melayu dari 5 Negara Serumpun serta dari 10 provinsi yang ada di Indonesia maupun dari Sumatera Utara sendiri.

Demikian disampaikan Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suryono saat memimpin Rapat Pelaksanaan Kegiatan Gemes ke 4 Tahun 2019 di Ruang Rapat II Kantor Wali Kota, Selasa (29-10-2019).

Tahun ini Gemas akan diikuti peserta dari Negara Serumpun seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, dan Korea Selatan. Kemudian ditambah lagi peserta berbagai provinsi diantaranya, Yogyakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, Lampung, Riau, Bengkulu, Nangroe Aceh Darusalam, dan Jambi.

Selain itu, tidak ketinggalan juga peserta dari Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Sumut seperti Binjai, Tebing Tinggi, Labuhan Batu Utara, Langkat, Deli Serdang dan Batu Bara.

Disamping itu, event ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan artis ibu kota jebolan D'Academy yakni Deswa, Ayu, Alibi, Intan Baiduri serta Lusi KDI yang siap menghibur para undangan dan hadirin dengan lantunan musik dangdut dan melayu.

"Tahun ini merupakan keempat kalinya Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata menggelar Gemes dan di tahun 2020 event ini telah masuk kedalam kalender Kementerian Pariwisata RI. Maka dari itu, saya ingin semuanya dipersiapkan secara matang," paparnya.

 Dukungan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemko Medan agar dapat mendukung serta mensosialisasikan melalui media bahwasannya Gemes tidak semata-mata hanya menonjolkan seni budaya satu etnik tetapi juga kesatuan seni budaya yang ada diseluruh kawasan nusantara bernuansa melayu.

"Saya berharap event ini menjadi daya tarik wisata bagi Kota Medan karena setiap tahunnya berhasil menghimpun negara dan daerah rumpun melayu,” jelas Agus.(torong/fit)