Pemko Medan Dukung Penataan KSN -->

Pemko Medan Dukung Penataan KSN

Rabu, 16 Oktober 2019

Medan | SNN - Pemko Medan mendukung dilakukannya penataan kawasan strategis nasional (KSN), terlebih tujunnya untuk mengembangkan daerah yang bermuara pada peningkatan laju pertumbuhan ekonomi sehingga berimpilkasi pada kesejahteraan masyarakat. Dengan penataan yang dilakukan, diharapkan setiap daerah memiliki kemandirian dalam mendukung terwujudnya Provinsi Sumut yang bermartabat, termasuk Kota Medan.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Kota Medan Khairul Syahnan bersama Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis ketika menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) KSN di Aula Raja Inal Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Selasa (15-10-2019).

Selain Kota Medan, penataan KSN juga meliputi Binjai, Deli Serdang dan Karo (Mebidangro). Rakor KSN dipimpin langsung Gubsu Edy Rahmayadi yang dihadiri perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) dan Dinas Perhubungan (Dishub) dari Mebidangro.

Pemko Medan menyambut baik rencana penataan KSN termasuk Kota Medan. Apalagi hal ini Wali Kota lewat berbagai program yang bertujuan mewujudkan pembangunan kota sehingga bermuara pada kesejahteraan warga Kota Medan yang dapat dirasakan secara adil dan merata.

‘’Insya Allah Pemko Medan siap mendukung program KSN tersebut. Selanjutnya, hasil rapat ini akan kami sampaikan kepada Bapak Wali Kota untuk ditindaklanjuti,’’ ungkapnya. 

Sebelumnya, Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan,  Rakor KSN digelar bertujuan untuk membahas, mensinergikan dan menyamakan persepsi dalam upaya penataan wilayah yang dinilai mempunyai pengaruh sangat penting secara nasional terhadap kedaulatan negara, pertahanan dan keamanan negara sehingga berdampak pada pertumbuhan dan laju ekonomi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

‘’Kita telah memiliki landasan hukum untuk melakukan penataan wilayah. Jadi tidak ada alasan untuk bergerak, bertindak dan bekierja melakukan dan memberikan yang terbaik bagi Sumut lewat penataan daerah masing-masing. Namun, kita tidak hanya berfokus pada Mebidangro melainkan semua kabupaten/kota di Sumut yang menjadi wilayah pendukung sesuai dengan tujuan kita bersama yakni menata desa membangun kota,’’ kata Gubsu.

Untuk itulah, Gubsu berpesan kepada pihak di daerah terkait agar berkomitmen dan menaruh perhatian khusus dalam upaya percepatan penataan dan pembangunan kota dari berbagai bidang termasuk infrastruktur sebagai sarana pendukung keberhasilan program khususnya peningkatan laju ekonomi.(torong/fit)