Pemko Medan Bersama Baznas Sumut & Kota Medan Salurkan Zakat Kepada Warga Korban Kebakaran -->

Pemko Medan Bersama Baznas Sumut & Kota Medan Salurkan Zakat Kepada Warga Korban Kebakaran

Sabtu, 05 Oktober 2019

Medan | SNN  - Pemko Medan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumut serta Baznas Kota Medan menyalurkan bantuan zakat dan infak kepada para korban kebakaran di Jalan S Parman Gang Langgar, Kelurahan Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru, Jumat (04-10-2019). Diharapkan penyaluran zakat dan infak tersebut dapat membantu meringankan beban sebanyak 67 KK atau 385 jiwa yang menjadi korban kebakaran.

Penyaluran zakat  dipimpin Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Pemerintahan (Aspem) Setda Kota Medan Musaddad Nasution bersama Kabag Agama Kota Medan Adlan, Ketua Baznas Sumut H Amansyah Nasution dan Ketua Baznas Kota Medan H Azwar serta  Plt Lurah Petisah Hulu Elkana Tarigan.

Peristiwa kebakaran yang terjadi Selasa (01-10-2019) sekitar pukul 19.35 WIB menyebabkan 44 rumah warga hangus dilalap api. Guna meringankan beban warga, Baznas Sumut memberikan bantuan sebesar Rp.1 juta kepada masing-masing KK pemilik rumah. Kemudian ditambah lagi bantuan sebesar Rp.700 ribu dari Baznas Kota Medan.

Selain itu Baznas Kota Medan juga memberikan bantuan sebesar Rp.400 kepada KK yang menjadi korban kebakaran namun tidak memiliki rumah sebanyak 23 KK. Bantuan diserahkan Ketua Baznas Sumut H Amansyah Nasution dan Ketua Baznas Kota Medan H Azwar yang diserahkans ecara simbolis kepada 2 orang warga.

Usai penyaluran zakat dan infak, Musaddad mengatakan, Baznas Sumut dan Kota Medan menjadi salah satu pihak yang paling terdepan membantu para korban kebakaran dalam bentuk penyaluran zakat dan infak. Meskipun jumlahnya tidak seberapa dibandingkan kerugian yang dialami puluhan warga korban kebakaran, namun Musddad yakin bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban para korban kebakaran.

Selanjutnya Musaddad berharap agar seluruh warga kuat dan tabah menghadapi cobaan ini. Dikatakannya, setiap manusia yang hidup di dunia ini pastinya tidak terlepas dari ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Ujian itu tidak hanya berupa kesusahan, kesempitan, ketakutan ataupun kelaparan, tetapi ujian itu juga bisa dalam bentuk kebahagiaan dan kelebihan rezeki.

"Musibah, ujian dan azab merupakan tiga kata yang memiliki arti hampir sama. Hampir setiap hari kita mendengar, bahkan mengucapkan ketiga istilah tersebut tanpa kita ketahui pasti arti dan makna sebenarnya. Untuk kebakaran yang melanda kita kali ini pun, kita belum bisa menentukan apakah ini musibah atau  ujian dari Allah SWT kepada kita," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Medan H Azwar mengucapkan rasa prihatin atas musibah kebakaran tersebut. Dia berpesan kepada warga agar tabah dan kuat menghadapi cobaan tersebut. ‘’Insya Allah, Baznas siap menyalurkan bantuan kepada warga yang menjadi korban kebakaran. Dengan bantuan ini semoga dapat meringankan beban para korban," harap Azwar. (torong/fit)