50 Anggota DPRD Medan Ikuti Orientasi Dan Pembekalan Tugas -->

50 Anggota DPRD Medan Ikuti Orientasi Dan Pembekalan Tugas

Rabu, 02 Oktober 2019

Sibolangit | SNN -  Sebanyak 50 anggota DPRD Medan periode 2019-2024 mengikuti orientasi dan pembekalan tugas di The Hill Hotel & Resort Sibolangit, Deli Serdang, Selasa (01-10-2019). Tujuannya guna mengenalkan dan mengajarkan anggota DPRD pada tupoksinya sebagai anggota legislatif yang sekaligus penyelenggara pemerintahan. Diharapkan, orientasi tersebut dapat membantu tugas anggota DPRD Medan nantinya selama bertugas lima tahun mendatang.

Kegiatan orientasi dan pembekalan dibuka langsung Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH. Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta dan pemukulan gong oleh Wali Kota disaksikan Ketua DPRD Medan Hasyim SE dan seluruh anggota dewan. Nantinya, pembekalan akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 1-4 Oktober mendatang dengan sejumlah agenda diantaranya pembekalan materi terkait Pancasila dan wawasan kebangsaan dari sejumlah narasumber.

Wali Kota dalam sambutannya mengatakan jabatan sebagai anggota dewan merupakan sebuah amanah yang harus dijalankan dengan penuh amanat. Sebab, hal tersebut menyangkut hajat hidup orang banyak yang menunggu dan menanti realisasi kinerja dari anggota dewan yang telah dipilih langsung oleh masyarakat. Untuk itu, Wali Kota mengingatkan agar ke lima puluh anggota DPRD Medan dapat bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai aturan yang berlaku.

"Jabatan sebagai wakil rakyat bukanlah hal yang mudah. Ada banyak aspirasi rakyat yang harus ditampung dan diperjuangkan demi kemaslahatan hidup mereka. Terhitung sejak ini, masyarakat menunggu hasil kinerja saudara sekalian. Mereka telah menaruh harapan pada saudara, maka hendaknya kita lakukan yang terbaik sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih atas kepercayaan yang mereka beri," kata Wali Kota.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Medan Abdul Azis dalam laporannya  mengungkapkan anggota dewan terpilih periode 2019-2024 akan mengikuti kegiatan orientasi dan pembekalan selama 4 hari. Kegiatan akan diisi dengan diskusi terkait beberapa materi diantaranya wawasan kebangsaan NKRI, pemahaman ideologi Pancasila dan UUD 1945.

Selain itu, pemahaman pembangunan dan pengelolaan keuangan daerah, sistem pemerintahan Indonesia, wewenang, hak dan kewajiban DPRD, optimalisasi pencegahan KKN serta motivasi kerja. Sekwan berharap seluruh materi dapat dipahami dan nantinya mampu diimplementasikan seluruh anggota dewan. "Semoga kegiatan ini memberi manfaat signifikan guna mendukung kinerja para anggota dewan selama bertugas," harapnya.(t/fit)