Cipayung Plus Mahasiswa Medan Temui Pimpinan DPRD Medan, Minta Dilibatkan Pembangunan Kota

Advertisement

Cipayung Plus Mahasiswa Medan Temui Pimpinan DPRD Medan, Minta Dilibatkan Pembangunan Kota

Selasa, 17 September 2019


Medan | SNN - Puluhan mahasiswa dari perwakilan 8 Organisasi Mahasiswa yang bergabung Cipayung Plus Mahasiswa Medan temua pimpinan DPRD Medan sementara, Selasa (17-09-2019). 

Mahasiswa minta DPRD Medan supaya dilibatkan soal peningkatan pembangunan kota Medan. Mahasiswa juga berharap anggota DPRD Medan dapat memaksimalkan tufoksinya terutama pengawasan kinerja Eksekutif.

Delegasi mahasiswa diterima Ketua DPRD Medan Hasyim SE dan Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga SE. Hasyim dan Ihwan mengaku sangat senang setelah menerima sejumlah aspirasi yang dinilai penting untuk dituangkan peningkatan pembangunan.

Menurut salah satu perwakilan mahasiswa, kiranya anggota DPRD Medan dapat membangun kerjasama dengan mahasiswa sehingga dapat satu visi membangun kota Medan lebih baik. "Apa salahnya kalau mahasiswa dilibatkan memberikan saran terkait upaya peningkatan pembangunan di kota Medan," ujar mahasiswa.

Sementara itu, mahasiswa lain Hendra Manurung menyampaikan masukan kepada pimpinan dewan agar serius menyikapi persoalan saat ini yang ada di kota Medan. Seperti, masalah kemacetan lalu lintas disebabkan pertambahan jumlah kendaraan yang cukup tajam sementara panjang dan lebar jalan tetap. 

Untuk itu, DPRD Medan dianggap perlu memberikan masukan kepada Pemko Medan supaya menggalakkan transportasi massal dan jelan layang. Transportasi mebidang saat ini dinilai belum efektif. 

Begitu juga masalah kenyamanan yang dinilai hanya dinikmati masyarakat ekonomi menengah ke atas. Karena saat ini tingkat kerawanan begal masih saja dialami masyarakat.

 "Harapan kami (mahasiswa) DPRD Medan dapat merumuskan pembangunan yang mampu  meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Persoalan lain juga disampaikan Hendra, terkait minimnya lowongan kerja terbukti jumlah pengangguran di kota Medan terus bertambah. 

"Bahkan, sistem pendidikan kita terkesan hanya mencetak sarjana. Persoalan ini yang perlu difasilitasi DPRD dan dapat membuka lowongan kepada kaum milenial," harap Hendra.

Mahasiswa lain juga menyampaikan terkait tindak kriminal dan masalah narkoba yang sangat menggangu ketentraman di masyarakat. DPRD Medan diharapkan dapat memberikan masukan dan solusi mengatasinya. 

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Medan Hasyim SE menyikapi aspirasi mahasiswa mengatakan, sangat berterima kasih atas kedatangan mahasiswa. Aspirasi mahasiswa akan ditindaklanjuti dan harapan dapat terealisasi. 

Diakui Hasyim, DPRD Medan ke depan akan lebih proaktif dan tegas dalam melakukan pengawasan terhadal kinerja Pemko Medan serta lebih banyak menerima aspirasi warga.

 "Ke depan DPRD Medan akan meningkatkan sinergitas dengan Pemko Medan. Apalagi soal transportasi akan didorong kerjasama Pemko dengan Pempropsu," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga SE mengingatkan agar kekompakan gabungan organisasi mahasiswa terus dilanjutkan dan ditingkatkan. 

"Adek adek mahasiswa tolong bantu kami membangun kota Medan. Awasi kami dalam kinerja, kami bukan anti kritik. Mari kita satukan visi membangun kota Medan. Ayo sama sama membangun kota Medan milik kita bersama," ujar Ihwan Ritonga asal politisi Geindra itu. (t/fit)