Sekdaprovsu Bersama Walikota Medan Sambut Kepulangan Jemaah Haji Kloter Pertama

Advertisement

Sekdaprovsu Bersama Walikota Medan Sambut Kepulangan Jemaah Haji Kloter Pertama

Jumat, 23 Agustus 2019

Medan | SNN -  Lantunan Sholawat Thola'al Badru 'Alaina menyambut kepulangan jemaah haji Kloter Satu Debarkasi Medan (01 MES), di Asrama Haji Medan, Jalan AH Nasution Medan, Jumat (23-08-2019) malam, pukul 23.30 WIB. Suasana penuh haru pun menyelimuti acara penyambutan kepulangan 392 jemaah haji di Aula Madinatul Hujjah.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Sabrina yang mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, mengucapkan selamat datang kembali ke tanah air dan mendoakan seluruh jemaah haji yang tiba di tanah air mendapat haji yang mabrur dan mabrurah.

"Saya atas nama Pemprov Sumut mengucupkan selamat kembali ke tanah air dan saudara sekalian mendapat haji yang mabrur dan mabrurah," ucap Sabrina, dalam kata sambutanya.

Hadir juga Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, dr Patti Selano Roberth Johan, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Kakanwil Kemenag Sumut Iwan Zulhami, dan Sekretaris Umum MUI Sumut Ardiansyah.

Sabrina mengharapkan pada seluruh jemaah haji harus mampu memberikan contoh keteladanan pada masyarakat usai mendapat predikat haji. "Pencerminan sikap prilaku sebagai haji yang mabrur, merupakan tantangan bapak/ibu. Khususnya kepedulian pada saudara kita yang lain, serta mengamalkan ajaran dan nilai-nilai Islam," katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan dr Patti Selano Roberth Johan, dalam pesannya mengingatkan pada jemaah untuk memperhatikan kesehatan, terutama dalam 21 hari ke depan. Jemaah haji diminta untuk segera memeriksakan kesehatan ke Puskesmas terdekat, apabila dirasakan gejala flu, demam dan batuk atau lainnya.

 "Nanti bapak/ibu akan dibagikan kartu kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Jaga kesehatan 21 hari ke depan, bila ada gejala demam dan sebagainya segera datang ke puskesmas terdekat, dan laporkan anda adalah jemaah haji yang baru pulang," katanya.

Dikatakan Wali Kota, ketika para jamaah haji meninggalkan Tanah Air untuk menunaikan ibadah haji dengan meninggalkan keluarga dan sahabat yang dicintai merupakan suatu  pengorbanan dengan hakikat sangat tinggi nilainya sebagai bukti ketakwaan kepada Allah SWT.

"Saat ini para jamaah haji telah kembali dan sebentar lagi akan berada di tengah keluarga dan masyarakat kembali, hendaknya peristiwa ini menambah ketakwaan serta melipatgandakan amal baiknya serta menebalkan keimanan dan keyakinan bapak-bapak dan ibu-ibu kepada Allah SWT. Tunjukkanlah perilaku yang baik di hadapan keluarga, masyarakat serta teman-teman sejawat," kata Wali Kota.

Selanjutnya berharap agar seluruh ibadah haji yang dilaksanakan diterima Allah SWT sehingga menjadi haji yang mabrur dan mabrurah. "Diantara ciri-ciri haji yang mabrur dan mabrurah adalah apabila seseorang itu sepulangnya dari melaksanakan ibadah haji semakin bertambah amal baiknya bila dibandingkan dengan sebelum menunaikan ibadah haji," ungkapnya.

Diketahui, keseluruhan jemaah haji kloter 01 MES yang berangkat ke Tanah Suci Mekah sebanyak 393 orang, terdiri dari 146 pria dan 247 wanita. Satu orang jemaah haji meninggal dunia yakni Marlen Chalik Safar binti Kariono (wanita) umur 61 tahun dan telah dikebumikan di Sharaye Arab Saudi.

Jemaah haji kloter 01 MES ini berangkat sekitar pukul 08.00 waktu Arab Saudi dengan nomor penerbangan  GA-3201. Dari hasil rekapitulasi sampai saat ini, jemaah haji asal Sumut keseluruhan yang meninggal sebanyak 13 orang.(torong/fit)