100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Ditetapkan KPU Sumut

Advertisement

100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Ditetapkan KPU Sumut

Selasa, 27 Agustus 2019


Medan | SNN - Komisi pemilihan Umum  Provinsi Sumatera Utara yang diketuai  Herdensi Adnan dalam rapat Pleno terbuka  yang diadakan di Hotel Grant Mencure Jalan Perintis Kemerdekaan sipang jalan Sutomo  Medan Selasa (27-08-2019)  telah menetapkan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara  Priode 2019 – 2024. Bagi nama 100 Anggota DPRD Terpilih yang telah ditetapkan oleh KPU Sumut aga segera membuat laoran Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dengan batas waktu tujuh hari sejak penetapan ini, harap Herdensi.

Dijelaskan Herdensi LHKPN itu merupakan syarat yang paling penting wajib dipenuhi oleh seluruh anggota DPRD terpilih. Dokumen itu merupakan salah satu syarat yang harus dilampirkan oleh KPU Sumut dalam mengusulkan nama Caleg DPRD terpilih kepada Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernus Sumatera Utara untuk dilantik. “ Jika sampai batas waktu yang telah ditentukan, mereka tidak mengirimkan laporan, maka yang bersangkutan akan ditunda pelantikannya, ujarnya.

Sejauh ini ungkap Herdensi sudah ada beberapa partai yang sudah menyerahkan tanda bukti penyerahan LHKPN, yang lainnya mesih menunggu beberapa parpol lagi, sebelum nama-nama itu diusulkan untuk dilantik, sambungnya mengharapkan.

KPU Sumut yang telah menetapkan 100 orang Caleg terpilih berasal dari 12 Dapil berhasil menduduki kursi di DPRD Sumut. Dari berdasarkan hasil rekapitulasi suara partai besar macam seperti diungguli PDIP 12 Kursi, Gerindra dan Golkar sama menempatkan 15 kadernya di DPRD Sumut.

Partai Nasdem dapat merebut 12 kursi, PKS 11 kursi, Partai Demokrat 9 kursi, PAN 8 kursi, Hanura 6 kursi, PKB dan PPP beramaan mendapat 2 kursi dan Perindo 1 kursi. Pelantikan anggota DPRD terpilih itu direncanakan akan dilaksanakan pada bulan pertengahan September 2019 mendatang.(torong/arj)