Wakil Wali Kota Medan Canangkan Bakti Sosial TNI-KKBPK-Kes -->

Wakil Wali Kota Medan Canangkan Bakti Sosial TNI-KKBPK-Kes

Kamis, 01 Agustus 2019

Medan | SNN - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mencanangkan Bakti Sosial TNI Kependudukan dan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga Kesehatan (KKBPK-Kes) Kota Medan 2019 di Lapangan Benteng Medan, Rabu (31-07-2019). Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap penurunan kelahiran dan kematian bayi serta ibu melahirkan di Kota Medan.

Bakti Sosial TNI KKBPK-Kes yang merupakan kerjasama Kodim 0201/BS dengan Pemko Medan ini dimulai bulan Mei sampai Oktober 2019. Adapun kegiatannya diisi dengan pelayanan KB gratis bagi keluarga yang kurang mampu, donor darah, pengobatan gratis dan rumah sakit mata gratis.

Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi sangat mendukung kegiatan yang mengusung tema, “Untuk Mencapai Cakupan Kesehatan Semesta Kita Tingkatkan Akses dan Kualitas Pelayanan  KB Kesehatan di Seluruh Wilayah NKRI” tersebut. Dikatakannya, luasnya wilayah NKRI yang tersebar dari Sabang sampai Marauke  menyebabkan sampai saat ini masih banyak daerah belum bisa mendapatkan layanan kesehatan yang baik.

“Persoalan ini harus segera kita atasi bersama. Jika tidak akan menjadi bencana besar dan ancaman bagi Kota Medan dalam beberapa tahun lagi,” kata Wakil Wali Kota.

Sekaitan Itulah Wakil Wali Kota berharap agar seluruh stakeholder di Kota Medan harus peduli dengan masalah yang terjadi di Kota Medan, salah satunya mengenai masalah program KB. Untuk itulah dia mengingatkan agar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Medan, Dinas Kesehatan serta para camat sebagai ujung tombak terdepan Pemko Medan supaya bersungguh-sunggu mendukung kegiatan Bakti Sosial TNI KKBPK-Kes tersebut.

Sebelumnya Kadis DPPKB Kota Medan Usma Polita dalam laporannya menjelaskan, rancangan operasional dan kegiatan yang dilaksanakan dalam bakti sosial TNI-KKBPK-Kes ini meliputi pelayanan KB gratis bagi warga Kota Medan di 21 kecamatan. Kemudian, peningkatan penyuluhan KB dan peran serta pria menjadi aseptor KB Vasektomi dan kondom, Di samping itu juga melakukan pembinaan ketahanan keluarga melalui peningkatan kualitas bina keluarga balita (BKB), para remaja, lanjut usia dan orang tua.   

"Pelayanan KB gratis yang kita lakukan dalam Bakti Sosial TNI KKBPK-Kes mulai Mei sampai Juni 2019 sebanyak 1.404 akseptor. Tidak hanya memberikan pelayanan KB gratis, kita juga melaksanakan donor darah, pemeriksaan mata, kadar gula darah, pemeriksaan kolestrol dan asam urat serta papsemeer,” jelas Usma Polita.(torong/fit)