Wali Kota Minta Era Revolusi Industri 4.0 Kembangkan Ekonomi Kreatif -->

Wali Kota Minta Era Revolusi Industri 4.0 Kembangkan Ekonomi Kreatif

Jumat, 03 Mei 2019

Medan | SNN - Era revolusi industri 4.0 menjadikan ekonomi kreatif menjadi salah satu isu strategis yang layak mendapatkan pengarusutamakan sebagai pilihan strategi  memenangkan persaingan global. Ditandai dengan terus dilakukannya inovasi dan kreativitas guna meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui kapitalisasi ide kreatif.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono saat menghadiri acara Fasilitasi Akses Permodalan dan Pemasaran Produk Ekonomi Kreatif di Lingkungan Pemerintah Kota Medan Tahun 2019, di Hotel Grand Antares, Kamis (02-05-2019).

"Kemajuan teknologi dengan penggunaan IOT tidak akan terlalu berpengaruh tanpa kreativitas dan inovasi. Kreativitas akan mendorong inovasi yang menciptakan nilai tambah lebih tinggi dan pada saat bersamaan ramah lingkungan serta menguatkan citra dan identitas budaya bangsa," ujarnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, saya ingin menyampaikan Kota Medan yang terdiri dari beragam suku dan budaya memiliki potensi yang sangat besar dalam mengembangkan industri kreatif," katanya.

Pemerintah Kota Medan sendiri akan terus berkomitmen membina para pelaku industri kreatif dan umkm melalui berbagai pelatihan-pelatihan, mulai dari pelatihan pengembangan usaha melalui inovasi baru, pelatihan akses permodalan melalui perbankan hingga pelatihan teknologi informasi untuk promosi umkm dan lain sebagainya.

"Tentunya upaya ini harus disinergikan dengan semangat pelaku industri dalam melakukan pengembangan diri. Saya dan pemerintah Kota Medan ingin pola kerjasama ini terus kita kembangkan dan membentuk kekuatan baru dalam menjawab tantangan masyarakat ekonomi asean. Kita tentu ingin Kota Medan memiliki tempat khusus di pasar internasional seperti little bandung yang ada di prancis," jelasnya.(bundo)