Wakil Wali Kota Pimpin Pembersihan Sungai Babura

Advertisement

Wakil Wali Kota Pimpin Pembersihan Sungai Babura

Rabu, 24 April 2019

Medan | SNN -Wakil  Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi memimpin langsung pembersihan Sungai Babura, Rabu (24-04-2019) pagi.  Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk membersihkan  sungai dari sampah maupun semak belukar. Di samping itu juga  pembersihan diikuti dengan pengerukan  untuk mengatasi pendangkalan  yang terjadi. Dengan pembersihan yang dilakukan tersebut, Sungai Babura diharapkan dapat mengalir dengan lancar kembali sehingga tidak meluap saat hujan deras seperti yang selama ini terjadi.

Selain petugas Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan, pembersihan sungai juga melibatkan Badan Wilayah Sungai  (BWS) Sumatera II, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU), unsur dari tiga kecamatan yang dilintasi Sungai Babura yakni Kecamatan Medan Baru, Medan Polonia dan Medan Petisah serta  didukung penuh personel TNI.

Pembersihan yang dilakukan ini merupakan tindak lanjut dari penelurusan Sungai Babura yang dilakukan Wakil Wali Kota saat mendampingi Gubsu Edy Rahmayadi, Sabtu (20-04-2019) lalu. Dari penelurusan yang dilakukan, ada sejumlah titik di Sungai Babura yang harus dibersihkan. Selain  mengalami  pendangkalan dan penyempitan yang cukup parah, bagian tengah sungai juga dipenuhi sampah.

Sebelum pembersihan dimulai, Wakil Wali Kota lebih dulu memimpin apel. Di hadapan seluruh peserta yang akan melakukan pembersihan, Wakil Wali Kota lebih dahulu menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Gubsu dan BWS Sumatera II  yang terus mendukung dan mendorong dilakukannya pembersihan Sungai Babura.

“Sampai kepada masyarakat bahwa tujuan pembersihan yang kita lakukan ini semata-mata untuk menyelamatkan wilayah dan masyarakat kita (warga). Tidak ada satu pun keinginan kita untuk merugikan orang- perorang. Yang salah, nanti akan kita lakukan tindakan. Jadi tujuan tahapan pertama permbersihan sungai yang kita lakukan ini untuk menurunkan permukaan air,” ungkapnya.(torong/fit)