Wagubsu Bersama Menpar Bahas Percepatan Pengembangan Pariwisata Danau Toba

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Wagubsu Bersama Menpar Bahas Percepatan Pengembangan Pariwisata Danau Toba

Selasa, 12 Februari 2019

 Jakarta | SNN – Menteri Pariwisata Republik Indonesia (Menpar RI) Arief Yahya menerima kunjungan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah di ruang rapat Menteri Pariwisata di Jakarta, Selasa (12-02-2019). Keduanya membahas tentang upaya percepatan pengembangan pariwisata di Sumut, khususnya kawasan Danau Toba.

Wagubsu yang hadir didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provsu Wan Hidayati, dan Kepala Balitbang Sumut Effendy Pohan, dan Direktur Utama Badan Pengelola Otorita Danau Toba Arie Prasetyo, menyampaikan berbagai program strategis yang telah disiapkan dalam upaya percepatan pengembangan pariwisata Danau Toba.

Diantaranya, kata Wagubsu, telah disiapkan kalender event, baik event nasional maupun internasional. Membangun berbagai fasilitas pendukung di kawasan pariwisata Danau Toba, sehingga membuat para wisatawan nyaman. Seperti pembangunan atau penambahan fasilitas-fasilitas berupa toilet umum, masjid atau mushalla, dan juga tempat-tempat berupa taman yang menjadi lokasi berswafoto.

Selain itu,  kata Wagubsu, dalam upaya mendatangkan wisatawan juga perlu peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang pariwisata. Antara lain melalui pembangunan SMK Pariwisata maupun berbagai pelatihan di bidang pariwisata. ” Karena itu, perlu dilakukan pelatihan-pelatihan agar mereka pengelola destinasi pariwisata nantinya mampu memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan,” ujar Wagubsu Musa Rajekshah.

Menpar RI Arief Yahya menyambut baik dan mengapresiasi keseriusan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dalam upaya pengembangan pariwisata dan mendatangkan wisatawan di negeri ini.  Menpar juga sangat mendukung percepatan pengembangan pariwisata Sumut dan meminta jajarannya segera mengadakan workshop untuk mentabulasi berbagai persoalan yang menjadi kendala dan membantu penyelesaiannya.

“Ke depan  Kemenpar juga akan melaksanakan beberapa kegiatan yang tujuannya memajukan sumber daya manusia bidang pariwisata dan penataan destinasi dengan melibatkan kabupaten/kota  serta pemerintah provinsi,” kata Arief Yahya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Provsu Wan Hidayati menyampaikan, pihaknya  segera menindak lanjuti arahan Menpar dan Wagubsu untuk melakukan pembinaan secara berkesinambungan guna peningkatan sumber daya manusia pengelola destinasi pariwisata di Sumut. “Kita akan segera melakukan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk segera melakukan pembenahan dunia pariwisata,” katanya.(torong/zul)